DPRD Bitung Tunda Penetapan Ranperda Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi

Ranperda tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi belum siap ditetapkan.

DPRD Bitung Tunda Penetapan Ranperda Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi
ISTIMEWA
Rapat Pansus tersebut dipimpin oleh ketua Habrianto Ahmad. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi belum siap ditetapkan.

Setelah Pansus melakukan rapat bersama dengan eksekutif yaitu Kadiskominfo kota Bitung, Kepala Bagian Humas kota Bitung, Kepala OPD terkait lainnya, serta instansi terkait lainnya.

Rapat Pansus tersebut dipimpin oleh ketua Habrianto Ahmad.

Dalam rapat yang berlangsung beberapa jal tersebut memutuskan bahwa Rancangan Peraturan Daerah Kota Bitung Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak akan dibahas dalam penetapan Ranperda, karena perlu dipertimbangkan lagi.

Menurut Ketua Pansus, lantaran Ranperda peraturan tersebut tidak ada poin untuk penataan kota Bitung menjadi smart city hanya tentang e-goverment, sedangkan satu di antara syarat untuk bisa meraih penghargaan sebagai kota cerdas harus ada Perda pendukung.

"Karena tahun ini kota Bitung masuk sebagai nominasi kota cerdas bersama kota Manado," jelas dia.

Ia menambahkan, dalam peraturan tersebut nantinya akan ditambahkan beberapa poin penting terkait pengembangan kota Bitung menjadi smart city, antara lain adanya pengaturan tentang smart governance, smart licensing, smart citizen, smart tax, smart education, smart health care, smart environtment/smart carbon, smart tourism, smart infrastructure, smart building, smart mobility, smart transportation, smart people, smart living, farming water, energy, smart technology, smart disaster, dan smart lightning.

"Artinya dalam penataan aturan tersebut harus lebih global secara keseluruhan kota ini, sehingga syarat meraih penghargaan kota cerdas dapat terpenuhi, jika poin-poin tersebut tertera di aturan ini," jelasnya.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help