Persma Datangkan Pelatih Indra Sjafri, 28 Tim di Sulut Bidik Liga III

Sebanyak 28 klub sepak bola siap bertarung di Liga III Sulawesi Utara. Tim dari 15 kabupaten dan kota

Persma Datangkan Pelatih Indra Sjafri, 28 Tim di Sulut Bidik Liga III
tribun manado
Persma 1960 mendatangkan pelatih nasional Indra Sjafri di Stadion Klabat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sebanyak 28 klub sepak bola siap bertarung di Liga III Sulawesi Utara. Tim dari 15 kabupaten dan kota di Nyiur Melambai ini akan memperebutkan dua tiket ke zona Sulawesi.

Dua klub dari Sulut bersama enam tim lainnya dari pulau Sulawesi (dua Sulsel, satu Gorontalo, satu Sulteng, satu Sulbar dan satu Sultra) nantinya berebut tiga tiket menuju babak final tingkat nasional.

Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulut terus mematangkan persiapan. Sebanyak 24 klub sudah terdaftar ikut kompetisi untuk lolos ke Liga II. Sisanya tiga tim masih diproyeksikan.

Direktur Kompetisi Asprov PSSI Sulut Lexi Mantiri mengatakan, yang terdaftar memang sudah 24 klub tapi kemungkinan ada tiga klub lagi yang masuk proyeksi mendaftar.
"Maksimal 28, minimal ada 24 klub yang berlaga," ujar Lexi ketika diwawancarai tribunmanado.co.id, Selasa (23/3/2018).

Liga III Nusantara akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Klub peserta akan dibagi menjadi beberapa grup. Nanti tiap grup akan ada daerah (kabupaten/kota) yang menjadi tuan rumah.

Tiap grup akan meloloskan juara dan runner-up. Dari situ akan masuk sistem gugur perdelapan besar sampai final. Liga III ini juga diikuti oleh pemain batas kelahiran sampai 1 Januari 1996, bisa ditambah tiga pemain senior profesional.

Untuk juara dan runner-up nanti akan lolos mengikuti kompetisi nasional untuk naik ke Liga II. "Kita proses dari bawah," ujarnya.
Diperkirakan perjalanan Liga III akan dimulai Juni 2018. Sebelum kompetisi itu berlangsung, PSSI akan menggelar workshop di Jakarta, 18 Maret 2018.

Workshop ini akan mengulas regulasi soal Liga III. Dalam workshop juga akan membahas jadwal, perangkat pertandingan, dan persyaratan pemain. Kata Lexi, di tataran klub sudah bergairah menyambut Liga III. Mereka sudah latihan rutin.

"Persma 1960 bahkan mendatangkan pelatih nasional (Indra Sjafri) untuk seleksi pemain," ucap dia. Ia melihat ada beberapa klub yang punya prospek.

Untuk ikut Liga III perlu juga diperhatikan pelatih berlisensi kemudian harus juga lengkap susunan pengurus. Panitia memang menghindari menggelar kompetisi di April, karena mempertimbangkan bulan puasa. Batas pelaksanaan Liga III yakni Juli 2028. Karena setelah itu ada agenda Piala Suratin untuk kelompok usia.

Seleksi pemain di Stadion Klabat
Seleksi pemain di Stadion Klabat (tribun manado)
Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help