Soal Pencemaran DAS Tondano, Dr John Tasirin: Perhatikan Reaksi Masyarakat

Analisis dampak terhadap bentangan alam, sosial, ekonomi sekitar waduk sudah dilakukan oleh tim

Soal Pencemaran DAS Tondano, Dr John Tasirin: Perhatikan Reaksi Masyarakat
istimewa
Dr John Tasirin

TRIBUNMANADO.CO.ID - Analisis dampak terhadap bentangan alam, sosial, ekonomi sekitar waduk sudah dilakukan oleh tim yang dipandang kompeten dalam bidangnya.
Dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) harus bisa diakses oleh publik.

Demikian dikatakan Dr John Tasirin, Dosen Faperta Unsrat, menanggapi adanya dugaan pencemaran DAS Tondano dari tanah, buangan megaproyek Bendungan Kuwil di Kawangkoan, Minahasa Utara.

Rencana pengelolaan lingkungan juga sudah dirumuskan. Bahkan, tahap-tahap pemantauan indikator lingkungan yang mengakibatkan dampak besar dan penting juga telah ditetapkan.

Jika ada gejala terjadinya penyimpangan terhadap proses dan fungsi ekologi, maka pelaksana kegiatan harus bertanggung jawab. Tanggung jawab itu bisa dalam bentuk inspeksi, perbaikan prosedur, sampai pada penghentian pembangunan.

Jika perubahan (yang dianggap gangguan oleh masyarakat) masih dalam batas toleransi alami dan telah diperhitungan dalam kajian AMDAL, maka proyek akan dilanjutkan. Yang harus diperhatikan adalah reaksi sosial harus dikelola baik oleh pelaksana proyek maupun satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berkepentingan. (war)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help