Pemilik Perusahaan Bisa Terjerat Pidana Jika Tak Bayar Sesuai UMK

Topik Peradilan Hubungan Industrial (PHI), Rabu (14/3), telah menjadi perbincangan hangat antara komunitas Jurnalis Meja Hijau

Pemilik Perusahaan Bisa Terjerat Pidana Jika Tak Bayar Sesuai UMK
ist

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Topik Peradilan Hubungan Industrial (PHI), Rabu (14/3), telah menjadi perbincangan hangat antara komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) bersama dua Hakim Ad Hoc PN Manado, yakni Wendy Agus Budiawan dan Sarinah Bacari.

Menariknya, saat diskusi masuk pembahasan gaji, kedua narasumber langsung menegaskan bahwa pembayaran gaji terhadap pekerja harus sesuai Upah Minimum Kota (UMK), sebagaimana diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2003.

“Sanksi paling fatal jika perusahaan tidak membayar gaji sesuai UMK adalah pidana,” tegas Wendy.

Lebih dari itu, dijelaskan bahwa persoalan gaji yang tidak dibayar sesuai UMK dapat dilaporkan ke bagian pengawasan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

“Dapat diadukan ke bagian pengawasan Disnaker, hal tersebut otomatis harus ditindaklanjuti, tidak bisa tidak,” ungkap Sarinah.

Selain itu, kedua narasumber juga telah memaparkan secara umum tentang PHI.

Dimana, PHI memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan kasus perdata umum, yakni tahap mediasinya dilakukan sebelum persidangan dimulai, dan yang menjadi mediator adalah pihak Disnaker.

Lain lagi dengan hal anjuran. Menurut kedua Hakim Ad Hoc tersebut, anjuran bukanlah final atau sesuatu hal mengikat, untuk mempengaruhi keputusan Majelis Hakim dalam proses persidangan PHI.

Terkait berapa banyak perkara PHI yang terdata di PN Manado, ikut dibeberkan kedua narasumber.

“Untuk 2016 ada 31 perkara, 2017 ada 24 perkara, sedangkan yang 2018 berjalan ada 5 perkara. Dan paling mendominasi persoalan PHK,” ucap Wendy.

Patut diketahui, kegiatan diskusi ini merupakan program rutin per bulan Ketua PN Manado, Edward TH Simarmata melalui bidang Juru Bicara Hakim, Vincentius Banar.

Dimana, diskusi ini turut menggandeng komunitas JMH.

Sudah ada dua topik diskusi yang diangkat. Pertama, terkait perkara Perlindungan Anak, dengan pemateri Hakim Imanuel Barru dan baru-baru ini topik PHI. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved