Masalah Pencemaran DAS Tondano, Pemerintah Harus Cepat Bertindak

Program pemerintah untuk membangun Waduk Kuwil sangat baik. Namun, pembangunan waduk

Masalah Pencemaran DAS Tondano, Pemerintah Harus Cepat Bertindak
Tribun Manado/ANDREAS RUAUW
Sejumlah alat berat sedang menggali tanah untuk membuat parit disekitar area Bendungan di Desa Kuwil, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Minggu (14/01/2018). Proyek pembangunan infrastruktur Waduk Kuwil diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Program pemerintah untuk membangun Waduk Kuwil sangat baik. Namun, pembangunan waduk, baiknya tidak menimbulkan masalah baru bagi daerah.

Demikian dikatakan, Dosen FMIPA Universitas Negeri Manado, Jantje Ngangi.

Misalnya, kata dia, pembuangan material tanah, baiknya tak dilakukan di sekitar pembangunan waduk agar tak menumpuk dan merusak lingkungan sekitar seperti sungai.

Penumpukan material di sekitar waduk dan sungai, sangat berbahaya. Sebab, jika dibiarkan, bisa menghalangi kelancaran aliran sungai. Dampak lainnya yakni ketika hujan turun, material tersebut bisa masuk ke dalam sungai dan membuat sungai menjadi dangkal dan menyempit.

Jika sungai dangkal dan menyempit, maka bisa memicu terjadinya banjir di sepanjang daerah aliran sungai. Sebab, sungai tak mampu lagi menampung air yang ada. Bahkan, pendangkalan bisa menjangkau muara sungai hingga pesisir pantai, sebab material dengan mudah bisa terbawa air.

Makanya, pemerintah atau pelaksana proyek harus cepat mengambil tindakan untuk memindahkan tumpukan material di sekitar sungai, agar tak berdampak buruk bagi masyarakat. (war)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help