GAMKI Sulut Minta KPK Segera Umumkan Tersangka Calon Kepala Daerah

Jeverson Petonengan SH MH, Plt Ketua GAMKI Sulawesi Utara, meminta KPK untuk segera mengumumkan penetapan tersangka calon kepala daerah.

GAMKI Sulut Minta KPK Segera Umumkan Tersangka Calon Kepala Daerah
TRIBUN MANADO/WARSTEF ABISADA
Jeverson Petonengan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jeverson Petonengan SH MH, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera mengumumkan penetapan tersangka calon kepala daerah yang maju pada pilkada serentak 2018 di Indonesia.

"KPK harus segera mengumumkan penetapan tersangka terhadap calon kepala daerah yang maju pada pilkada serentak 2018.

KPK tak perlu ragu dan takut, sebab masyarakat Indonesia termasuk di Sulut sepenuhnya mendukung langkah KPK menegakkan supremasi hukum di negeri ini," kata Jeverson, Rabu (14/3/2018).

Jika penetapan tersangka tak segera diumumkan, maka dampaknya menurut Jeverson cukup burik untuk output dari pesta demokrasi ini.

Sebab, bisa saja masyarakat nanti memilih pemimpin yang track record-nya tak baik.

"Pengumuman tersebut sangat penting guna menambah informasi bagi masyarakat tentang calon kepala daerah yang akan dipilih. Nantinya juga akan menjadi pelajaran politik yang berharga bagi masyarakat, jika tetap memilih calon yang sudah menjadi tersangka kasus korupsi dan akhirnya calon tersebut terpilih tapi kemudian menjadi terpidana," tuturnya.

KPK, menurut Jeverson, tak bisa menunda terlalu lama pengumuman tersebut.

Sebab, bisa membuat masyarakat menjadi penasaran dan tak tahu pemimpin daerah yang akan dipilihnya.

"Kita juga tak tahu di Sulut ini ada atau tidak calon yang akan menjadi tersangka. Makanya perlu diperjelas dengan pengumuman dari KPK, sebab akan memperkuat sistem pemilu di negeri ini untuk menghasilkan pemimpin yang bersih," tuturnya.

GAMKI Sulut, kata Jeverson, memberi apresiasi bagi KPK.

Sebab konsisten untuk memberantas korupsi di Indonesia.

"KPK sangat berani memberantas korupsi. Jadi GAMKI mendukung dan memberi apresiasi yang tinggi," tegasnya.

Sehari sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan, tidak sepakat dengan pernyataan Menkopolhukan Wiranto untuk menunda penetapan tersangka terhadap calon kepala daerah yang maju pilkada serentak 2018.

Sebab, KPK telah memiliki bukti yang cukup atas pidananya, sehingga proses hukum tak boleh dihentikan. (Tribunmanado.co.id/Warstef Abisada)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help