BREAKING NEWS: Kota Manado dan Bitung Diguncang Gempa Bumi

Masyarakat yang tinggal di Kota Manado dan Bitung sekitar pukul 22.26 WITA merasakan gempa bumi yang cukup kencang.

BREAKING NEWS: Kota Manado dan Bitung Diguncang Gempa Bumi
BMKG

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO-Masyarakat yang tinggal di Kota Manado dan Bitung sekitar pukul 22.26 WITA merasakan gempa bumi yang cukup kencang. 

Sitti Nurjanah warga Kecamatan Malalayang, Kota Manado sempat kaget saat gempa terjadi. "Ada gempa yah," ucapnya bertanya melalui chat di grup Whatsapp, Rabu (14/3).

Dalam rilis yang diterima www.tribunmanado.co.id Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet ST MSi menulis  Hari Rabu, 14 Maret 2018, pukul 21:26:06 WIB, wilayah Bitung dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi berkekuatan M=4.5 dengan episenter terletak pada koordinat 1.29 LU dan 125.55 BT, atau tepatnya di laut Maluku pada jarak 50 km arah tenggara Kota Bitung, Propinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 4 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berpotensi dirasakan di Manado dan Bitung dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI).

Hasil laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Bitung dan Manado I SIG-BMKG (I-II MMI).

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku yang menunjam ke arah baratlaut pada Sangihe Trench.

Hingga pukul 21.49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Bitung dan Manado dihimbau agar tetap tenang karena gempa ini tidak berpotensi tsunami.(dru/rilis)

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved