Bank Indonesia Perluas Akses Jasa Keuangan bagi Masyarakat

Bank Indonesia (BI) memperluas akses jasa keuangan bagi masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut),

Bank Indonesia Perluas Akses Jasa Keuangan bagi Masyarakat
ISTIMEWA
Bank Indonesia 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviaansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Indonesia (BI) memperluas akses jasa keuangan bagi masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut), sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari adanya industri tersebut, satu di antaranya dalam Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Selain untuk menanggulangi kemiskinan, bantuan sosial yang disalurkan secara non tunai bertujuan untuk memberikan akses jasa keuangan pada rakyat," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Soekowardojo, Rabu (14/3/2018).

BI sebagai lembaga yang memiliki otoritas dalam sistem pembayaran di Indonesia merasa perlu untuk melakukan pemantauan terhadap proses penyaluran bantuan sosial secara non tunai agar terlaksana dengan baik dan tepat sasaran

Untuk itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Bulog dan Bank yang tergabung dalam Himbara, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk , PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Berdasarkan Keputusan Dirjen PFM Kemetrian Sosial Nomor 1/PFM/SK/HK.01/2018 tentang Tahap Penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai 2018.

Penyaluran BPNT di Sulawesi Utara akan dilakukan di empat kota dan satu (kabupaten, yaitu Kota Bitung, Kotamobagu, Kota Manado, Kota Tomohon dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dari seluruh daerah yang dipilih sebagai daerah penyaluran BPNT, hanya Kabupaten Bolaang Mongondow yang telah mendapatkan arahan terkait penyaluran BPNT termasuk penunjukan bank penyalur.

Terpisah, Head Of Network and Services BNI Wilayah Manado Dewanta Ary Wardhana mengungkapkan untuk program sosial pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH) pihaknya terus melakukan penyaluran meskipun dihari libur.

Contohnya untuk penyaluran di Kotamobagu yaitu di Kecamatan Kotamobagu Utara, Kotamobagu Barat, Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan.

Untuk penyaluran di Kotamobagu pihaknya didampingi Dinas Sosial Pemerintah Kota Kotamobagu dan didukung penuh oleh Penjabat Wali kota Kotamobagu Rudi Mokoginta.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help