RS Pancaran Kasih jadi RS Pertama di Sulut yang jadi Centre of Excellent

Salah satu ruangan di Rumah Sakit (RS) Pancaran Kasih, Manado Sulawesi Utara (Sulut) diresmikan sebagai pusat centre of excellent.

RS Pancaran Kasih jadi RS Pertama di Sulut yang jadi Centre of Excellent
Salah satu ruangan di Rumah Sakit (RS) Pancaran Kasih, Manado Sulawesi Utara (Sulut) diresmikan sebagai pusat centre of excellent tentunya menjadikan RS tersebut sebagai RS pertama di Sulut yang menjadi pusat percontohan kampung keluarga berencana (KB) kategori RS se Sulut. 

Laporan wartawan Tribun Manado Indry Panigoro

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -   Salah satu ruangan di Rumah Sakit (RS) Pancaran Kasih, Manado Sulawesi Utara (Sulut) diresmikan sebagai pusat centre of excellent.

Tentunya hal ini menjadikan RS tersebut sebagai RS pertama di Sulut yang menjadi pusat percontohan kampung keluarga berencana (KB) kategori RS se Sulut.

Hal itu dibuktikan dengan hadirnya Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Theodora Pandjaitan bersama peserta rapat koordinasi (Rakorda) program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga tingkat Provinsi Sulut 2018.

Rombongan diterima langsung oleh Direkrur RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey MKes dan staf RS Pancaran Kasih, Selasa (13/3/2018) sore di RS Pancaran Kasih.

Dalam sambutannya, Theodora Pandjaitan mengatakan bahwa kegiatan kunjungan kali ini merupakan penyelenggaraan program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sulut  guna memenuhi target setiap tahunnya. "Kehadiran kami disini sebuah proses pembelajaran, yang menetapkan kampung KB RS Pancaran Kasih sebagai lokus kami belajar dalam kerangka studi komparasi dan studi evaluatif. dan untuk RS, baru RS Pancaran Kasih Manado ini yang menjadi pertama pusat centre of excellent di Sulut dan ini tentunya menjadikan saya khususnya dan BKKBN umumnya bahagia pastinya," kata Theodora.

Sementara studi evaluatif disini lanjutnya, yaitu untuk mendapatkan input BKKBN Provinsi yang bersifat evaluatif dalam rangka penyempurnaan di Kampung KB dan seluruh prosesnya yang nantinya RS Pancaran Kasih Manado, menjadi objek yang akan kami jadikan sebagai perbandingan atau komparasi pelaksanaan kampung KB tingkat RS se-Indonesia.

Dilain kesempatan, Direkrur RS Pancaran Kasih dr Frangky Kambey MKes, sangat bersyukur dengan adanya program ini  "Diresmikan nya salah satu ruangan di RS Pancaran Kasih Manado sebagai centre of excellent atau pusat percontohan kampung keluarga berencana (KB) kategori RS se Sulut pada dasarnya untuk mengoptimalkan kenyamanan dan pelayanan akseptor KB," kata Direktur di ruang kerjanya, Selasa (13/3/2018) sore di RS Pancaran Kasih. "Pelayanan KB otomatis akan memisahkan calon akseptor KB dari pasien satu ke yang lain. Dengan demikian kenyamanan akseptor KB akan meningkat. Karena mereka yang biasanya berbadan sehat atau fit tidak perlu mengantri bersama pasien lain. Dan otomatis, dokter yang melayani pun fokus pada pelayanan KB," tambahnya.

Sekedar diketahui, dengan diresmikan RS Pancaran Kasih sebagai centre of excellent, peningkatan pelayanan KB di rumah sakit, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat menjadi akseptor KB khususnya KB Metode Kontrasepsi jangka Panjang (MKJP). Dan bisa menurunkan tingkat keinginan ber-KB yang tidak terpenuhi.

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help