Gerindra Sulut Ingin Balas Kekalahan Prabowo, PDIP-Golkar Yakin Jokowi Menang

Laga ‘el clasico’ bakal kembali tersaji pada Pemilihan Presiden 2019. Partai Gerindra segera mendeklarasikan

Gerindra Sulut Ingin Balas Kekalahan Prabowo, PDIP-Golkar Yakin Jokowi Menang
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Capres dari poros Gerindra, Prabowo Subianto berbincang dengan capres dari poros PDIP, Jokowi-JK saat acara pengundian dan penetapan nomor urut untuk pemilihan presiden Juli mendatang di kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (1/6/2014). Pada pengundian ini, pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan nomor urut satu sedangkan Jokowi-JK nomor urut dua. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Laga ‘el clasico’ bakal kembali tersaji pada Pemilihan Presiden 2019. Partai Gerindra segera mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Capres Joko Widodo terlebih dulu dideklarasi PDI Perjuangan saat Rakernas III di Bali pada 23 Februari. Wacana poros ketiga cukup sulit menyusul sinyal merapatnya Partai Demokrat ke petahana.

Eskalasi politik nasional termasuk di Sulawesi Utara mulai memanas. Sejumlah politisi ramai-ramai mengomentari rencana deklarasi mantan Danjen Kopassus itu sebagai capres. Jokowi yang didukung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Hanura, Nasdem versus Prabowo yang dijagokan Gerindra dan PKS dari apresiasi dari kader partai di daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulut Vonnie Panambunan hakul yakin Prabowo dapat membalas kekalahannya dari Jokowi pada Pilpres 2019.

Pada Pilpres 2014 di Sulut, Prabowo ditaklukkan
Jokowi. Sulut termasuk daerah dimana Prabowo kalah, meski Prabowo berdarah Minahasa.

Data dari KPU Sulut, Jokowi-JK memperoleh 724.553 suara (53,88 persen). Sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 620.095 suara (46,12 persen). Dari suara yang masuk, sebanyak 5.220 (0,39 persen) merupakan suara tidak sah (lihat grafis).

"Kami yakin itu (kemenangan Prabowo)," kata dia melalui Sekretaris DPD Gerindra Sulut Melky Suawa.
Dikatakannya, ada sejumlah kondisi terkini yang menguntungkan Prabowo. Partai juga dalam keadaan lebih siap ketimbang pilpres lalu.

"Prabowo hanya kalah tipis pada Pilpres sebelumnya, dengan bekerja keras kita pasti bisa," ujar dia.
Ia menegaskan, DPD Gerindra Sulut mendukung penuh Prabowo dicalonkan kembali sebagai capres.
Pihaknya sementara mempersiapkan deklarasi Prabowo sebagai capres di Sulut.

Sebut dia, niat deklarasi murni datang dari bawah hingga pelaksanaannya tergantung DPD masing-masing. "Ada juga yang sudah melaksanakannya," kata dia.

Ia menyatakan, persiapan memajukan Prabowo sebagai capres akan dilakukan bersamaan dengan tahapan pencalegan. "Tahapannya kan bersamaaan," kata dia.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Sulut Dolfie Angkouw, menyatakan Golkar konsisten untuk mendukung dan memenangkan Jokowi. Masyarakat Indonesia termasuk Sulut masih menghendaki petahana memimpin negeri ini.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved