Wali Kota Bitung Jaga Ketersediaan Harga Sembako untuk Mengendalikan Inflasi

Inflasi daerah harus dikendalikan agar perekonomian bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Wali Kota Bitung Jaga Ketersediaan Harga Sembako untuk Mengendalikan Inflasi
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Wali Kota Bitung Max Lomban pada saat peresmian Kas Titipan BI di Kantor BNI Cabang Bitung,Jumat (9/11) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Inflasi daerah harus dikendalikan agar perekonomian bisa berjalan sesuai dengan rencana.

"Pemerintah dalam rangka tugas pengendalian inflasi daerah dapat dikendalikan dengan menjaga ketersediaan sembilan bahan pokok," ujar Walikota Bitung Max Lomban, Minggu (12/3/2018).

Selain itu, pihaknya juga melihat bagaimana distribusinya dan harus tahu tempa penampungannya. kemudian di pasar dimonitor setiap hari oleh dinas terkait.

"Setiap hari ada monitor di lapangan sembilan bahan pokok, cukup atau tidak. Apabila ada ketidakcukupan kita lihat di tempat penimbunan Apakah perlu ditimbun atau mungkin distribusinya diperlancar," ungkapnya.

Dengan demikian stok bahan pokok di pasaran tersedia. Seperti pada saat Natalan tidak terasa ada gejala-gejala meningkat inflasinya karena ketersediaan bahan baku stoknya mencukupi.

Terpisah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut) Soekowardojo mengungkapkan inflasi 2018 diperkirakan tetap terkendali. inflasi tersebut berada pada rentang 2,5±1 persen(yoy), atau sedikit mengalami tekanan dibandingkan tahun 2017 sebesar 2,44 persen (yoy).

Untuk triwulan I 2018, inflasi akan relatif terkendali mengingat tidak akan adanya kenaikan harga BBM dan listrik hingga Maret. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help