Tajuk Tamu

Pemilih Cerdas dan Bertanggungjawab

Demokrasi adalah bagaimana menjalankan pemerintahan yang melayani rakyat dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan umum

Pemilih Cerdas dan Bertanggungjawab
ISTIMEWA
Ferlansius Pangalila 

Penulis: Ferlansius Pangalila, Komisioner KPU Tomohon

I. Mengenal Demokrasi & Pemilu

Demokrasi adalah bagaimana menjalankan pemerintahan yang melayani rakyat dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan umum.

Pemerintahan ini diselenggarakan secara terbuka, bertanggungjawab, diawasi langsung oleh rakyat sebagai pemberi mandat, dan adanya akses keterlibatan publik/masyarakat dalam pemerintahan itu sendiri.

Pokoknya rakyat terlibat sejak pembentukan pemerintahan melalui pemilu selanjutnya melakukan pengawasan dan partisipasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan tersebut, hingga 5 tahun kedepan untuk dievaluasi kembali, apakah pemerintahan ini menjalankan amanahnya atau tidak sehingga patut dipilih kembali atau tidak dalam pemilu tersebut. 

Salah satu hal yang paling penting dalam negara demokrasi adalah melibatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya dalam pengambilan keputusan yang menyangkut urusan rakyat.

Semua komponen masyarakat, tak terkecuali kaum minoritas berhak ambil bagian dalam memutuskan kebijakan yang menyangkut nasibnya juga.

Maka Rakyat tidak boleh berhenti hanya sampai memilih calon pemimpin atau wakilnya pada saat pemilu, tetapi tetap mengawal dan mengawasi para pejabat tersebut selama mereka berkuasa.

Karena kelengahan dan absennya sikap kritis masyarakat kepada para pemimpin dan wakil rakyat ini, kasus penyimpangan, korupsi, ketidakadilan, penindasan, dan lain sebagainya dapat terjadi.

Demokrasi memang bukanlah suksesi pemerintahan yang terbaik, tetapi dengan demokrasi, rakyat memiliki kekuasaan untuk mengontrol jalannya pemerintahan dan mengevaluasi secara periodik kembali pemerintahan baik ekesekutif maupun legislatif apakah masih layak dipercaya atau tidak.

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help