Tiga Komoditas Tanaman Dilirik Pengusaha Asing, Rudi Undang Investor ke Kotamobagu

Investasi masuk ke Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, tahun 2017 berjumlah Rp321 miliar.

Tiga Komoditas Tanaman Dilirik Pengusaha Asing, Rudi Undang Investor ke Kotamobagu
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Kolam budidaya ikan salah satu yang dilirik investor 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Investasi masuk ke Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, tahun 2017 berjumlah Rp321 miliar.

"Angka ini akan terus bertambah tahun 2018, setelah ada beberapa investor asing, yang sudah melihat komoditi kita seperti kelapa, kopi ,nenas dan Ikan air tawar," ujar Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta, Minggu (11/3/2018).

Kata dia, walaupun hanya beberapa bulan menjabat sebagai Pjs Wali Kota, namun upaya untuk memajukan investasi terus diupayakan.

"Saya ini kan orang Kotamobagu, maka ingin mengundang investor masuk ke sini. Walaupun hanya beberapa bulan menjabat Wali Kota di sini," ujar Rudi Mokoginta.

Lanju dia, APBD 2017 untuk Kota Kotamobagu Rp744,9 miliar. Komoditas yang terus dikembangkan kopi robusta di desa Bilalang dan sekitar.

Lahannya kurang lebih 290 hektar dengan rata-rata produksi 150 ton pertahun.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Mulyadi Surotenojo, mengatakan, memang tanaman dan perikanan yang ada di Kotamobagu, mulai dilirik investor asing, seperti nenas, kopi, kelapa dan ikan.

"Pemerintah Kotamobagu, mulai mengembangkan di sektor perikanan seperti budidaya ikan emas, nila dan koi. Nantinya akan diberikan bibit secara gratis untuk kelompok," ujar Mulyadi.

Tambah Mulyadi, ke depan akan mulai mengembangkan tanaman nenas, karena ada investor dari Guangzhou. (Tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help