Pombengi Sebut Saat Ini Susah Melihat Kehebatan Parpol

Setiap partai politik harus mampu menghadirkan simbol-simbol komunikasi politik sehingga mendapatkan simpati dari masyarakat.

Pombengi Sebut Saat Ini Susah Melihat Kehebatan Parpol
ISTIMEWA
Jericho Pombengi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Setiap partai politik harus mampu menghadirkan simbol-simbol komunikasi politik yang elegan kepada masyarakat sehingga mendapatkan simpati dari masyarakat.

Kemudian diterjemahkan sebagai nilai tambah bagi partai politik (Parpol) tersebut.

Tak terkecuali partai Demokrat.

Hal itu berguna bagi elektabilitas partai apakah dia mandek di tempat, turun, atau bisa berjaya ke depannya.

Begitulah kata Pengamat Politik dan Pemerintahan Jericho Pombengi kepada TribunManado.co.id, Sabtu (10/3/2018) malam.

"Kalau untuk Demokrat terlalu subjektif bagi saya jika mengatakan bisa berjaya atau mandek, atau bahkan cari aman di 2018 ini atau di 2019 nanti," kata pria yang juga Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara.

"Untuk melihat kehebatan Parpol akan sangat susah. Karena saat ini parpol demi parpol tak terkecuali Demokrat, terjadi koalisi. Sehingga terlalu subjektif jika mengatakan Demokrat bisa maju atau hanya sekedar cari aman karena berkoalisi," tambahnya.

Untuk itu dirinya meminta esensi dari komumikasi politik yang terjadi pada setiap parpol, agar parpol dapat mewujudkan integritas bangsa, melestarikan sistem nilai dan membentuk karakter bangsa.

"Kalau parpol tidak menjalankan hal-hal di atas pasti tingkat elektabilitasnya menurun. Hal itupun berlaku pada Demokrat. Untuk itu infokan saja ntuk semua parpol dgn statemen di atas untuk lebih memberikan pendidikan politik kepada konstituen. Ini jauh lebih edukatif menurut saya," tutupnya. (Tribunmanado.co.id/Indry Panigoro)

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved