Duta Cina Tinjau KEK Bitung

Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian sambangi Kota Bitung, Kamis (8/3).

Duta Cina Tinjau KEK Bitung
ALPEN MARTINUS
Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian sambangi Kota Bitung, Kamis (8/3). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG- Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian sambangi Kota Bitung, Kamis (8/3).

Ia datang bersama rombongan, langsung ke lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sudah ditunggu oleh Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban bersama rombongan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menjelaskan beberapa lokasi strategis dan pembangunan yang ada di kota Bitung.

"Selain sebagai kota Industri yang memiliki banyak perusahan yang bergerak di bidang perikanan, kota Bitung juga sebagai kota pariwisata," jelas Lomban.

Ia menjelaskan, Kota Bitung memiliki banyak kelebihan dari segi pariwisata seperti tumbuhan, hewan endemik, kawasan cagar alam, resort, pantai, laut, gunung, dan tempat indah untuk di datangi oleh turis.

"Kota Bitung memiliki hampir semua potensi strategis dalam pertumbuhan ekonomi, namun hal yang paling penting dari perkembangan kota Bitung adalah peningkatan Infrastruktur sebagai kebutuhan fisik," jelasnya.

Peningkatan tersebut menurutnya ditandai dengan adanya pembangunan tol Manado- Bitung yang sampai saat ini sudah 61% progresnya, dan direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2018 ini.

"Tol ini nantinya menjadi jalur utama dari kota Bitung menuju ke seluruh pelosok daerah yang ada di Sulawesi Utara dan sekitarnya," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Bitung saat ini sementara bekerja keras dan turut dibantu oleh pemerintah Cina untuk merealisasikan proyek yang sementara di jalankan.

"Nantinya pertukaran ekonomi Internasional dapat dirasakan oleh kota Bitung sendiri, dan tanpa dukungan dari masyarakat dan seluruh stake holder tidak akan ada apa-apanya," jelasnya.

Itu sebabnya, para pengusaha yang ada di kota Bitung, instansi pemerintah maupun swasta dan seluruh masyarakat kota Bitung sangat diharapkan mendukung penuh untuk membangun kota Bitung.

Usai dari kawasan KEK, mereka mengunjungi Tol Manado- Bitung, puncak Bakamla, perusahaan pengalengan ikan di kota Bitung, dan pelabuhan peti kemas Bitung. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved