Ingin Nonton MotoGP di Indonesia, Jokowi Restui Renovasi Sirkuit Sentul

Jokowi akhirnya menjajal lintasan Sentul dengan menggunakan mobil kepresidenan RI-1 yang didampingi dengan mobil Paspampres.

Ingin Nonton MotoGP di Indonesia, Jokowi Restui Renovasi Sirkuit Sentul
tribunnews
Duo pebalap MotoGP Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa menjajal kemampuan All New Honda CBR150R di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar, Minggu (14/2/2016) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Keinginan agar Indonesia dapat menggelar (kembali) ajang MotoGP tampaknya sudah menjadi mimpi sebagian besar pencinta olahraga motor Tanah Air termasuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada caption foto Instagram-nya yang diunggah pada Selasa (6/3/2018).

Sebelumnya, pada Selasa pagi Presiden Jokowi memiliki agenda untuk membagi sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat Kabupaten Bogor yang diselenggarakan di pelataran Sirkuit Sentul.

Usai acara tersebut, pria asal Solo ini diajak untuk berkeliling lintasan Sirkuit Sentul oleh mantan pebalap nasional Tinton Suprapto dan juga Ananda Mikola.

Presiden ke-7 Republik Indonesia itu pun akhirnya menjajal lintasan Sentul dengan menggunakan mobil kepresidenan RI-1 yang didampingi dengan mobil Paspampres.

Kesempatan itu ternyata digunakan oleh Tinton Suprapto untuk menceritakan rencana Sirkuit Sentul yang ingin menggelar ajang MotoGP pada 2021 mendatang.

"Tadi saya diajak Pak Tinton dan Mas Ananda Mikola untuk melihat-lihat Sirkuit Sentul," ujar Joko Widodo.

Presiden Jokowi pun menjelaskan jika ajang MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Sentul nanti murni diselenggarakan oleh pihak swasta.

Jadi, sebagai Kepala Negara, pria 56 tahun ini hanya dapat memberikan dukungan moral agar rencana tersebut dapat terwujud.

Tadi usai menyerahkan 15 ribu sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Kabupaten Bogor di lapangan parkir Sirkuit Sentul, sempat melihat-lihat lintasan sirkuitnya. Sebagai penggemar motor, saya juga ingin lihat kita bisa jadi tuan rumah ajang besar seperti MotoGP. Kita punya banyak pebalap handal. Semoga 2021 itu terwujud. Foto: Biro Pers Setpres

"Tadi minta persetujuan saja, minta restu. Saya langsung setujui, saya restui.

"Karena ini dari awal swasta. Ini sekarang sedang di-upgrade lagi semuanya dari swasta," kata Jokowi.

Meskipun demikian, Joko Widodo menuturkan jika Indonesia dapat memperoleh keuntungan luar biasa andai MotoGP benar dapat berlangsung di Tanah Air.

"Pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar sekali. Sekarang ada 12 juta. Kalau penggemar motor, bayangkan berapa juta yang ada di Indonesia."

"Ini adalah industri pariwisata yang bisa kita hidupkan," ujar Joko Widodo.

Selain Sirkuit Sentul, Indonesia dikabarkan sudah membangun sirkuit baru yang terletak di Palembang dan dapat digunakan untuk ajang MotoGP.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved