Bupati Yasti Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Pasi Timur

Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di Kecamatan Passi Timur berbangga.

Bupati Yasti Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Pasi Timur
MAICKEL KARUNDENG
Bupati Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Pasi Timur 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di Kecamatan Passi Timur berbangga. Pasalnya, kerinduan mereka untuk bisa menikmati air bersih akhirnya terjawab.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow akhirnya meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM Bolmong, di Desa Pangian, Kecamatan Passi Timur, Rabu (7/3).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, IPA dengan kapasitas 20 liter per detik akan mengaliri sekira 2000 sambungan rumah. "Dengan beroperasinya IPA ini juga telah mengaktifkan kembali jaringan yang sudah hampir 20 tahun tidak digunakan lagi," kata Bupati.

Lanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) dan kepada Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), yang sudah memperhatikan masyarakat guna mendapatkan air yang layak dikonsumsi.

"Sangat berterimakasih, dengan diresmikan IPA ini, masyarakat dapat meningkmati air bersih. Karena, sejak tahun 2015 kewajiban pemerintah menyediakan air yang layak," tuturnya.

Bupati menambahkan, ini merupakan janji kampanye bersama Pak Yanny Wakil Bupati, untuk mengadakan sarana air bersih. Tahap pertama, ada 468 sambungan gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Desa Pangian.

"Nantinya pada APBD Perubahan tahun 2018, Insya Allah Pemkab Bolmong akan anggarankan sekitar Rp 2 miliar untuk sambungan gratis bagi 600 masyarakat berpenghasilan rendah," tutur orang nomor satu di Bolmong.

Bupati Yasti berharap, IPA dapat memenuhi kebutuhan warga dan mampu mendorong perekonomian masyarakat.

Kasakter Pengembangan air minum yang diwakili staf Hendru Kaunang menjelaskan, pembangunan IPA yang telah diresmikan Bupati Bolmong tersebut berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 8 miliar.

"Anggaran pembangunan ini totalnya Rp 8 miliar sedangkan untuk pengelolaannya telah diserahkan kepada PDAM Bolmong. Diharapkan juga dapat dijaga dengan baik instalasi pengelolaan air," jelasnya. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved