Ini Jadwal Mekar Bunga Sakura di Jepang Tahun 2018

Hanya pada musim ini, turis bisa menikmati bunga cantik yang terkenal dari Jepang yaitu sakura.

Ini Jadwal Mekar Bunga Sakura di Jepang Tahun 2018
KARAKSA MEDIA/Weather Map Japan
Peta prakiraan waktu mekar sakura di Jepang tahun 2018. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Musim semi merupakan musim yang paling digemari oleh turis asing di Jepang.

Hanya pada musim ini, turis bisa menikmati bunga cantik yang terkenal dari Jepang yaitu sakura. Waktu mekar sakura bisa dikatakan sangat pendek.

Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan Anda, mari cek kalender prakiraan wakyu mekarnya bunga sakura untuk wilayah Jepang secara keluruhan. Prakiraan ini diterbitkan oleh perusahaan Weather Map.

Tahun ini, waktu mekar sakura diprakirakan akan sama atau sedikit lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama daerah Kanto ke barat yang prakiraan mekarnya menjadi lebih cepat. Berikut peta sakura yang dikeluarkan oleh Weather Map Japan.

Alasan sakura mekar lebih cepat dari biasanya adalah karena tahun ini cuaca dingin di Jepang terus berlanjut. Oleh sebab itu, waktu tidur pohon sakura menjadi lebih banyak dan pertumbuhan kuncup bunga menjadi lebih cepat. Di daerah-daerah yang terletak di bagian selatan Jepang, dengan suhu yang relatif lebih hangat, efek dingin ini lebih kuat.

Di lain pihak, pertumbuhan kuncup bunga sakura yang seharusnya berkembang pada akhir Januari sampai Februari yaitu saat suhu biasanya bertambah hangat, mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan suhu udara pada periode tersebut begitu dingin.

Namun, cuaca diprakirakan akan menjadi hangat saat memasuki bulan Maret. Hal ini menyebabkan keterlambatan pertumbuhan kuncup Sakura pada bulan Februari akan sama atau lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.

Prakiraan waktu mekar sakura: bagian timur dan barat pada akhir Maret, serta April untuk daerah Tohoku

Bila melihat prakiraan waktu mekar Sakura berdasarkan masing-masing daerahnya, Kumamoto, Miyazaki dan Kouchi merupakan daerah dengan jadwal kemekaran Sakura paling cepat di Jepang, yaitu pada 20 Maret 2018.

Lalu diikuti dengan Fukuoka pada tanggal 21 Maret, Nagoya tanggal 24 Maret, serta Tokyo dan Osaka pada tanggal 26 Maret.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved