Setiap Acara Wajib Sediakan Tempat Sampah, Ini Tanggapan Pejabat DLH Minahasa Tenggara

Ini mengacu pada surat edaran dari kementerian lingkungan hidup (DLH) tentang imbauan penyediaan hidangan rapat bebas kemasan

Setiap Acara Wajib Sediakan Tempat Sampah, Ini Tanggapan Pejabat DLH Minahasa Tenggara
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Tempat sampah di jalan Samrat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pemkab Minahasa Tenggara bakal mengeluarkan surat edaran, berisi setiap pelaksanaan acara atau kegiatan masyarakat desa, seperti pesta nikah, ulang tahun kedukaan serta rapat harus sediakan tempat sampah dan mengelola sampah tersebut.

"Ini mengacu pada surat edaran dari kementerian lingkungan hidup (DLH) tentang imbauan penyediaan hidangan rapat bebas kemasan," ujar Kepala Bidang Persampahan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, DLH, Deddy Siwu, kepada Tribun Manado, Senin (5/3).

Dijelaskannya surat edaran tersebut bertujuan agar semua pelaksanaan kegiatan di tengah masyarakat, hingga di jajaran pemerintahan untuk sebisa mungkin tidak menggunakan atau menyiapkan kemasan plastik, seperti tempat minum, kemasan keu basah dan lainnya.

Kata Deddy, Bupati Mitra James Sumendap sudah mengaung-gaungkan agar hukumtua dan lurah yang wilayahnya akan dilakukan acara harus ada tempat sampah, dan wajib mengelola sampah yang dihasilkan.

"Jadi saat surat edaran sudah disalurkan ke 144 Desa Kelurahan dan 12 Kecamatan di Mitra, setiap pelaksanaan kegiatan dan acara kemasyarakatan wajib siapkan tempat sampah, buang sampah pada tempatnya dan kelola sampah dengan baik, baru akan diizinkan oleh pemerintah," tegasnya.

Kepala Pengelolaan Persampahan DLH, Vera Manaroinsong menambahkan, kebijakan ini berlaku hingga acara keagamaan yang dilakukan. (crz)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved