Karena Mampu Berantas Korupsi, Presiden RRC Diizinkan Menjabat ‘Selamanya’

Xi akan menjadi pemimpin Cina yang paling berpengaruh , berhasil mengumpulkan kekuasaan militer, ekonomi, dan pemerintahan dalam satu tangan.

Karena Mampu Berantas Korupsi, Presiden RRC  Diizinkan Menjabat ‘Selamanya’
Net
Presiden Cina Xi Jinping 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BEIJING - Ribuan anggota Kongres Rakyat Cina bertepuk tangan meriah mengungkapan dukungan atas usulan yang membuat Presiden Xi Jinping bisa memimpin lebih dari dua masa jabatan.

Usulan pencabutan pembatasan dua jabatan masa presiden itu disampaikan oleh Partai Komunis Cina atau PKC, satu-satunya partai di Cina, bulan pekan lalu dan diperkirakan sidang Kongres Rakyat Cina -yang dibuka Senin (5/3/2018) di Balai Rakyat di Beijing- tinggal mengesahkan saja.

Dengan demikian, Xi akan menjadi pemimpin Cina yang paling berpengaruh sejak Mao Zedong, yang dengan mengumpulkan kekuasaan militer, ekonomi, dan pemerintahan dalam satu tangan.

Walau secara resmi usulan tersebut baru akan disahkan pada Minggu 11 Maret mendatang, hampir dipastikan tidak akan menghadapi hambatan mengingat Kongres Rakyat Cina biasanya lebih merupakan 'forum pengesahan' dari rancangan yang sudah disiapkan PKC.

Pembahasan tentang pencabutan masa jabatan presiden membuat Kongres Rakyat Cina kali ini menjadi agak berbeda dibanding yang sebelumnya, seperti dijelaskan oleh Suargana Pringganu, Kepala Bidang Politik KBRI di Beijing.

"Jadi ini memang agak spesial karena ada pengajuan rancangan untuk pencabutan masa jabatan presiden yang dua kali, dan juga merupakan poin penting bagi politik dalam negeri Tiongkok", jelas Suargana kepada wartawan BBC, Liston P Siregar, lewat percakapan telepon.

Xi Jinping melembagakan kampanye antikorupsi, yang sekaligus pula digunakan untuk menyingkirkan saingan-saingan politiknya. (*)

Tags
korupsi
Editor: Charles_Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help