Rusia Perkenalkan Senjata Nuklir Baru, Ancaman bagi AS?

Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan pada rekaman video, senjata nuklir baru saat berpidato di Moskow.

Rusia Perkenalkan Senjata Nuklir Baru, Ancaman bagi AS?
afp
Senjata Nuklir Rusia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan pada rekaman video, senjata nuklir baru saat berpidato di Moskow. Namun ia mengatakan bahwa mereka hanya defensif.

Putin memperingatkan, selama pidato kenegaraan tahunannya pada hari Kamis (1/3/201), bahwa serangan terhadap Rusia atau sekutu-sekutunya akan mendapat tanggapan langsung dari Moskow.

Seperti dilansir dari Aljazeera.com, rekaman video senjata baru diproyeksikan di belakangnya di sebuah aula konferensi di ibukota Rusia, tempat Putin berbicara dengan legislator.

Vladimir Putin
Vladimir Putin (afp)

Dia mengatakan, bahwa gudang yang diperbarui termasuk rudal balistik antarbenua baru, sebuah hulu ledak nuklir kecil yang bisa dipasang pada rudal jelajah, pesawat tak berawak nuklir, senjata supersonik, dan senjata laser.

Rusia dan Barat berselisih dalam beberapa konflik - termasuk Suriah, di mana Rusia mendukung Presiden Bashar al-Assad - dan Ukraina.

Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina pada tahun 2014 setelah invasi yang dihasilkan dari penggulingan populer pemerintah pro-Kremlin di Kiev.

Pemberontak yang didukung Rusia terus memerangi pasukan Ukraina di negara timur itu. Amerika Serikat dan sekutunya telah menanggapi dengan menghukum sanksi.

"Mereka belum berhasil menahan kembalinya Rusia," kata Putin, merujuk pada Barat. "Sekarang mereka perlu mempertimbangkan kenyataan baru dan mengerti bahwa semua yang saya katakan hari ini bukanlah tebing."

Ucapan tersebut datang sesaat sebelum sebuah pemilihan nasional pada 18 Maret, yang diharapkan Putin untuk menang. *

Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help