Dinas PUPR-KP Bolsel Ikut Rapat Koordinasi Awal Tahun, Tujuannya untuk Ini!

Hari ini adalah hari terakhir Bidang Cipta Karya di Dinas PUPR-KP Kabupaten Bolsel, mengikuti rapat koordinasi awal tahun di Hotel Gran Puri Manado.

Dinas PUPR-KP Bolsel Ikut Rapat Koordinasi Awal Tahun, Tujuannya untuk Ini!
ISTIMEWA
Kegiatan rapat koordinasi program. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Hari ini, Selasa (2/3/2018) adalah hari terakhir Bidang Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR-KP) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mengikuti rapat koordinasi awal tahun di Hotel Gran Puri Manado, Sulawesi Utara.

Kepala Bidang Cipta Karya Nusrin Karim menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang - undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan pemerintah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Baik itu melalui pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah," ujarnya.

Kata dia, dalam pemaparan materi selama hampir sepekan ini, diterangkan tentang pelaksanaan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan pada berbagai level, di mana urusan dan wewenangnya dibagi atas urusan pemerintahan absolut, konkuren, dan umum.

Jadi urusan PUPR-KP ditetapkan sebagai urusan pemerintah konkuren yang wajib untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dasar masyarakat.

"Yang bertugas untuk melaksanakan itu adalah Kementrian PUPR-KP Direktorat Jenderal Cipta Karya," ujarnya.

Dalam penyelenggaraan bidang infrastruktur pemukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya di Provinsi membentuk satuan kerja yang bertugas melaksanakan kegiatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), serta melakukan fungsi pembinaan dan pengawasan kepada pemerintah daerah.

"Pada intinya tujuan dari kegiatan ini untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pengendalian program infrastruktur pemukiman di tingkat provinsi tahun 2018," ujarnya.

Yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut di antaranya Pejabat Direktorat Kepaduan Infrastruktur Pemukiman Ditjen Cipta Karya, Kepala Bappeda Sulut, Kepala Dinas PUPR se-Sulut, Kepala Satker Penyediaan Air Minum, dan lain sebagainya.

Kemudian dihadiri oleh Kepala Satker PIP, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi cipta karya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help