Ungkap Rahasia Tang Sin, Pengurus Klenteng: Tuhan Memberkati Manado

Sosok tang sin tak asing lagi bagi warga Kota Manado. Namun sedikit yang belum mengetahui makna tang sin sesungguhnya.

Ungkap Rahasia Tang Sin, Pengurus Klenteng: Tuhan Memberkati Manado
tribun manado
Tang sin memegang tangan seorang anak di Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosok tang sin tak asing lagi bagi warga Kota Manado. Namun sedikit yang belum mengetahui makna tang sin sesungguhnya.

"Ada yang mengira itu cuma pamer saja, padahal ada makna religi di dalamnya.

Contoh gerakan memotong tubuh, itu sebenarnya adalah bentuk penebusan dosa oleh Tuhan terhadap manusia, agar manusia dijauhkan dari segenap bencana serta hal jahat.

Lewat tang sing, Tuhan memberkati Manado, bukan hanya penganut Tridharma saja tapi seluruh umat manusia," kata Ferry Loho, Ceng It Thay Seng Bio Karame, Rabu (28/2/2018).

Sebut Ferry, tang sin adalah perantara manusia untuk bertemu dengan para dewa utusan Tuhan. Dibebenya, ada dua cara menjadi tang sin.

Pertama lewat cara alami. "Orang ini sudah secara alami, tugas kami sebagai ceng it adalah membimbingnya," beber dia. Cara kedua adalah dengan dipilih.

Dikatakannya, orang tersebut dipilih ceng it setelah melihat kesehariannya yang berlalu baik. "Nah, bisa atau tidak orang ini nanti dewa yang memutuskan lewat poa pwe, jika disetujui maka ceng it akan membimbingnya," kata dia.

Sebut dia, orang terpilih tersebut akan menjalani puasa selama 49 hari serta dikurung. Hal tersebut agar dewa benar menyatu dengan badannya. “Dia harus rajin sembahyang serta membaca kitab suci," ujar dia.

Menurut dia, para tang sin harus menunjukkan perilaku baik dalam kesehariannya.

"Tang sin itu hanya manusia yang punya banyak kelemahan, tapi setidaknya ia harus menjauhi hal tercela," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help