Umat Minta Berkat Pada Tang Sin

Umat Tridharma menjalankan upacara sembahyang Hari Kemuliaan Yang Suci Kwan Kong menerima gelar sebagai Hok Mo Tay Tie.

Umat Minta Berkat Pada Tang Sin
FINNEKE WOLAJAN
Umat Tridharma menjalankan upacara sembahyang Hari Kemuliaan Yang Suci Kwan Kong menerima gelar sebagai Hok Mo Tay Tie. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Umat Tridharma menjalankan upacara sembahyang Hari Kemuliaan Yang Suci Kwan Kong menerima gelar sebagai Hok Mo Tay Tie. Upacara ini jatuh pada hari ke-13 tahun baru Imlek ini.

Ini juga bertepatan dengan dua hari sebelum prosesi Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke-15 tahun baru Imlek. Upacara ini juga untuk pembersihan pedang dan peralatan untuk Cap Go Meh.

Setelah ritual itu, di Klenteng Kwan Kong Tang Sin Vong Kim Sian (46) lalu ke bagian belakang klenteng. Di situ Tang Sin yang masih dirasuki Dewa Kwan Kong duduk. Umat pun telah mengantri untuk mendapat berkat.

Satu per satu umat yang menggunakan baju putih mendekati Tang Sin. Ia tak mengeluarkan sepatah kata pun. Setelah umat berbisik, Tang Sin menuliskan sesuai di atas kertas kuning.

Umat lain tampak menunjuk bagian yang sakit. Tang Sin pun menuliskan sesuatu di tempat yang dikeluhkan itu. Seorang nenek yang menyodorkan tangannya yang sakit, lalu dipegang tangannya.

Ada anak-anak yang datang. Diantar orangtua mereka. Anak-anak itu mendapat sentuhan kuas bertinta merah di tangan dan di jidat. Umat tampak antusias menunggu giliran.

Rohaniawan TITD Altar Agung Soei Ronny Loho mengatakan warga mengantri itu untuk meminta berkat pada dewa melalui Tang Sin. Ada pula yang bertanya peruntungannya.

"Jadi semua punya kesempatan. Di luar umat Tridharma pun bisa. Kalau sakit, Tang Sin hanya beri petunjuk. Kan dia bukan tabib. Begitu juga soal nasib, Tang Sin hanya memberi petunjuk," ucapnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help