Trump Beli Pesawat Rp 53 Triliun dari Boeing, Begini Kecanggihannya

Bukan Amerika Serikat namanya kalau tidak wah. Gedung Putih mengonfirmasi mengenai tercapainya

Trump Beli Pesawat Rp 53 Triliun dari Boeing, Begini Kecanggihannya
afp
Presiden AS Donald Trump di dalam pesawat Air Force One. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON DC - Bukan Amerika Serikat namanya kalau tidak wah. Gedung Putih mengonfirmasi mengenai tercapainya kesepakatan dengan perusahaan Boeing terkait pembelian dua pesawat Air Force One yang baru.

CNBC melaporkan, kesepakatan pembelian pesawat kepresidenan antara pemerintah administrasi Presiden Donald Trump dan Boeing diperkirakan menyentuh 3,9 dollar Amerika Serikat atau Rp 53,4 triliun.

"Presiden Trump telah mencapai kesepakatan informal dengan Boeing untuk memastikan harga kontrak pada program pengadaan Air Force One yang baru," kata juru bicara Gedung Putih, Selasa (27/2/2018).

Pesawat Air Force One.
Pesawat Air Force One. (afp)

"Terima kasih kepada negosiasi presiden atas kontrak yang akan menghemat lebih dari 1,4 miliar dollar AS (Rp 19,2 triliun)," tambahnya.

Beberapa penghematan itu kemungkinan disebabkan oleh gagalnya Boeing mengamankan kesepakatan dengan pembeli asli pesawat tersebut yaitu Rusia.

Dua pesawat Air Force One seharusnya dijual ke Rusia. Namun gagal sehingga pesawat dibeli dengan sedikit potongan harga.

Penghematan sebesar 1,4 miliar dollar AS merupakan sisa dari dana antisipasi yang disiapkan Gedung Putih, dengan menganggarkan lebih dari 5 miliar dollar AS untuk pembelian pesawat kepresidenan.

Kesepakatan dengan Boeing juga mencakup pembangunan hanggar baru untuk menampung pesawat terbang.

Analis penerbangan Teal Group Richard Aboulafia memperkirakan, nilai pesawat  hanya menyumbang sekitar seperlima dari total kesepakatan.

Sebagian besar biaya tersebut digunakan untuk perlengkapan pesawat untuk presiden, termasuk memastikan peralatan komunikasi yang aman.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help