Ini Demokrasi Polos Ala Siswa SMA

Para politisi atau guru besar mungkin bisa belajar dari para siswa SMA ini, tentang arti berdemokrasi yang sesungguhnya.

Ini Demokrasi Polos Ala Siswa SMA
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
SMA Katolik Aquino Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Para politisi atau guru besar mungkin bisa belajar dari para siswa SMA ini, tentang arti berdemokrasi yang sesungguhnya.

Pemilihan ketua OSIS di SMA Katolik Aquino Manado yang berlangsung selama Rabu hingga Jumat (2/3/2018) berlangsung bak pilkada.

Para pemilih yang berjumlah 149 siswa serta 14 guru, memilih dengan sistem one man one vote, di bilik suara yang dilengkapi dengan surat suara serta perangkat mencoblos.

Empat pasang kandidat bertarung yakni Lenda Rampengan - Veola Solung, Joerdea Mangula - Imanuel Mukuan, Destrina Pandeynuwu - Deysi Wonobong dan Akira Walangitan - Nathaniel Djohan.

Seru, tapi semua berlangsung fair.

Tanpa black campaign, hoax, intrik, apalagi politik uang.

Dalam kepolosannya, para siswa memilih sesuai hati nuraninya setelah terlebih dahulu menimbang kualitas para calon dengan akal sehat.

Sebelum melakukan pencoblosan, Wakil Kesiswaan SMA Katolik St Aquino Manado, Jack Suot meminta kontestan yang mengikuti pemilihan agar siap menang siap kalah.

“Saya berharap kandidat yang bersaing dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya menjadi sosok dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya,” ujarnya.

Pertarungan hari Rabu berlangsung super ketat.

Dua pasangan calon mendapatkan hasil yang sama.

Keduanya akan lanjut tarung pada Jumat (2/3/2018).

Kepala SMA Katolik St Aquino Manado Dra Julien Wantania mengatakan, cara bak pilkada dipilih untuk menanamkan semangat berdemokrasi pada siswa.

“Ini membentuk karakter para siswa dalam berdemokrasi bagaimana tahapan secara demokrasi dan jujur,” katanya.

Ia berharap iklim demokrasi bisa terwujud di sekolah itu, dan bagi para siswa, terbawa terus hingga mereka duduk di perguruan tinggi nanti. (Tribun Manado/Arthur Rompis)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved