Masih Banyak Warga Sulut yang Gagal Registrasi Kartu SIM

Registrasi kartu SIM telepon selular berakhir Rabu (28/2/2018) hari ini. Tak sedikit warga yang waswas.

Masih Banyak Warga Sulut yang Gagal Registrasi Kartu SIM
tribun manado
Seorang perempuan mempelajari cara registrasi kartu SIM di Manado, Senin (26/2/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Registrasi kartu SIM telepon selular berakhir Rabu (28/2/2018) hari ini. Tak sedikit warga yang waswas ponsel terblokir lantaran gagal mendaftar.

Masalah utama kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) invalid. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara pun ramai dikunjungi pengguna ponsel.

Mereka berbondong mengurus KK dan KTP-el untuk meregistrasi nomor ponsel. Soewarno, warga Kota Kotamobagu mengaku kartu prabayarnya sudah diregistrasi. Sayang belum berhasil.

"Sudah tak dihitung lagi melakukan registrasi. Sejak diturunkannya instruksi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI tahun lalu, telah registrasi kartu, namun jawabanya tidak berhasil," ujar Soewarno di Kantor Grapari Kotamobagu, Selasa (27/2/2018).

registrasi ulang kartu prabayar
registrasi ulang kartu prabayar (Net)

Ia telah melakukan langkah registrasi sesuai petunjuk seperti memasukan nomor KK dan nomor induk kependudukan (NIK) untuk kesekian kali, tapi terus gagal.

"Saya datang ke Grapari membawa KK dan KTP-el, karena takut tinggal satu hari masa untuk registrasi," ujar dia. Agus Sudarmono, Supervisor Grapari Telkomsel Kotamobagu mengatakan, banyak pelanggan yang datang ke sini untuk meregistrasi.

"Kejadian seperti Pak Soewarno, kemungkinan ada salah nomor KK dalam pengimputan (data). Jadi kami menyuruh pelanggan untuk ke Discapil," ujar Agus.

Onal R, warga Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan mengaku sudah pernah meregistrasi, tapi gagal. "Saya sudah pernah registrasi, namun gagal.

Bahkan, sampai berhari-hari terus mencoba, namun tetap gagal," ujarnya.

"Saya berharap tidak diblokir karena ada kendala teknis dan berharap ada kebijakan pemerintah agar kartu yang lama masih bisa dipakai," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help