Cagub Kaltim Sofyan Hasdam Bilang Pengganti Cawagub yang Meninggal Rizal Effendi

Meninggalnya Nusyirwan Ismail, calon wakil gubernur Kaltim nomor urut 1 yang berpasangan Andi Sofyan Hasdam perlu segera digantikan.

Cagub Kaltim Sofyan Hasdam Bilang Pengganti Cawagub yang Meninggal Rizal Effendi
Ist/Tribunnews.com
Pasangan Cagub Cawagub Pilgub Kaltim 2018, Nomer urut 1, Andi Sofyan Hasdam - Nusyirwan Ismail. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SAMARINDA - Meninggalnya Nusyirwan Ismail, calon wakil gubernur Kaltim nomor urut 1 yang berpasangan Andi Sofyan Hasdam perlu segera digantikan. Saat ini KPU Provinsi Kaltim menunggu surat keterangan berhalangan tetap dari paslon yang diusung Partai Golkar dan Nasdem ini.

Hal itu dikemukakan Ketua KPU Provinsi Kaltim Muhammad Taufik kepada Tribun, usai menyampaikan duka cita kepada keluarga almarhum Nusyirwan Ismail.

"KPU Kaltim menunggu surat dari paslon nomor 1 untuk menyampaikan perihal berhalangan tetap cawagub yang disertai surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah," jelas Taufik.

Baca: Sebelum Dicor di Kamar Mandi, Fitri Sempat Bercinta Dengan Pelaku, Berikut Kisahnya

Proses pergantian paslon diatur dalam Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017 Pasal 78 dan 79. Dalam Pasal 78 ayat 2 disebutkan, berhalangan tetap sebagaimana maksud pada ayat (1) huruf b meliputi keadaan meninggal dunia, dan tidak mampu melaksanakan tugas secara permanen.

Dalam poin 4 dijelaskan, berhalangan tetap karena tidak mampu melaksanakan tugas secara permanen sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Berdasarkan pasal 79, ayat (2) disebutkan pergantian bakal calon atau bakal pasangan calon sebagaimana dimaksud dapat dilakukan pada tahapa sebagai berikut.

Pada poin a. Sampai dengan tahapan verifikasi persyaratan calon, b. Sebelum penetapan pasangan calon atau c. Sampai dengan 30 hari sebelum hari pemungutan suara.

Siapa pengganti almarhum Nusyirwan Ismail untuk berpasangan dengan Andi Sofyan Hasdam dalam Pilgub Kaltim 2018 ini, kepada Tribun, Sofyan Hasdam sedikit memberikan bocoran. Informasi itu, ia sampaikan saat dikonfirmasi Tribun, Selasa malam (27/2). Meskipun, belum ada surat resmi dari partai yang dikeluarkan.

"Saya kira, untuk Nasdem sepertinya mereka sudah putuskan pak Rizal Effendi. Saya dengar infonya dari teman-teman di Nasdem. Mereka usulkan ke kami, karena pak Nusyirwan itu dari Nasdem, jadi sebaiknya alangkah bijak jika penggantinya juga dari Nasdem, sehingga koalisi ini tetap harmonis," ujar mantan Walikota Bontang ini.

Lantas, bagaimana sosok Rizal Effendi di mata Sofyan Hasdam? "Saya melihat begini. Di mata saya pak Rizal dan almarhum Nusyirwan ini, kurang lebih sama. Pak Rizal juga ekonom dan juga Walikota Balikpapan dua periode. Saya kira, saling menguatkan saja. Saling menguatkan seperti yang pernah dilakukan almarhum Nusyirwan ismail," ucapnya.

Rizal Effendi yang Tribun konfirmasi hingga Selasa malam, belum memberikan jawaban atas informasi yang disampaikan Sofyan Hasdam. (*)

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help