Banyak Faktor jadi Penyebab KDRT, Begini Penjelasan Psikolog

Banyak faktor yang menjadi penyebab kekerasan dalam rumah tangga, yang dilakukan suami kepada istri.

Banyak Faktor jadi Penyebab KDRT, Begini Penjelasan Psikolog
ISTIMEWA
Orley Charity Sualang 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID - Banyak faktor yang menjadi penyebab kekerasan dalam rumah tangga, yang dilakukan suami kepada istri. Faktor tersebut yang utama adalah faktor ekonomi.

"Kurangnya finansial dalam keluarga bisa menyebabkan kekerasan dalam keluarga. Hal ini biasanya istri memiliki banyak tuntutan, sedangkan suami tidak bisa memenuhinya. Padahal suami juga mendapatkan tekanan pada saat bekerja sehingga akan terjadi cekcok dalam keluarga tersebut," ujar Psikolog Orley Charity Sualang SPsi MA, Selasa (27/2/2018).

Jika terus menerus terjadi akan meningkat menjadi kekerasan fisik, karena biasanya laki-laki tidak bisa berdebat. Biasanya akan ada kekerasan seperti melakukan pelemparan, pemukulan dan lain-lain.

Bisa juga terjadi karena hubungan seksual, ketika suami meminta, namun istri menolak karena lelah bisa juga juga menyebabkan terjadinya kekerasan.

Begitu pula jika terjadi adanya faktor pengambaian, yaitu suami tidak lagi memberikan nafkah karena berbagai faktor, hal ini menyebabkan hubungan tidsk harmonis sehingga terjadi kekerasan fisik.

Kekerasan fisik terjadi karena kekesalan yang terpendam, sehingga akan memuncak menimbulkan tindakan yang terjadi seperti penusukan maupun kekerasan lain.

Tindakan tersebut jika dibiarkan akan berpengaruh kepada perkembangan anak-anak, sehingga mereka akan memiliki kehidupan yang tak sempurna atau broken home.

Selain itu, jika saat ini istri yang menjadi korban, kedepannya bisa saja istrinya menjadi pelaku karena melakukan pelampiasan kepada anaknya, karena anaknya menurunkan gen suaminya. Sehingga ketika anaknya berbuat kesalahan mengingatkan kepada suaminya.

Untuk itu jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga sebaiknya melakukan konseling kepada Psikolog atau ke pemuka agama, sehingga ada jalan keluarnya.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved