Inilah Penjelasan Kenapa Beberapa Barang Dilarang Dibawa ke Pesawat

Untuk barang yang dilarang dalam penerbangan dapat dikategorikan prohibited items explosive, weapon, dangerous goods, dangerous article...

Inilah Penjelasan Kenapa Beberapa Barang Dilarang Dibawa ke Pesawat
herviansyah
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Minggus Gandeguai diskusi bersama Pemimpin redaksi Tribun Manado Sigit Sugiharto 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi (Samrat) jika calon penumpang ingin membawa benda logam, benda tajam, atau benda cair yang masih diperkenankan dibawa dalam penerbangan, sebaiknya melaporkannya kepada petugas Avsec dan mendaftarkan barang tersebut sebagai bagasi tercatat.

"Penjelasan mengenai definisi Prohibited Items disebut dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017, barang dilarang atau prohibited items adalah barang yang dapat digunakan untuk melumpuhkan, melukai, dan menghilangkan nyawa orang lain serta untuk melakukan tindakan melawan hukum yang meliputi alat peledak, barang berbahaya, alat-alat berbahaya, dan senjata," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Minggus Gandeguai, Rabu (21/2/2018).

Prohibited Item terbagi dalam 4 kategori yaitu explosive, weapon, dangerous goods, dan dangerous article. explosive yaitu alat yang dapat dipicu untuk meledak tidak diizinkan dalam penerbangan. Sedangkan weapon yaitu benda atau alat yang dirancang untuk membunuh, melukai, melumpuhkan, dan membuat orang tidak berdaya semua jenis senjata api.

Prohibited item kategori weapon ini diizinkan dalam penerbangan namun dengan penanganan tertentu, benda/alat tersebut bisa dibagasikan dan/atau Security Item; Dangerous Goods yaitu barang atau bahan yang dapat membahayakan kesehatan, keselamatan, harta benda, dan lingkungan.

Ketiga, sebelum memasuki area pemeriksaan ada baiknya melepaskan seluruh benda yang mengandung unsur logam dan menyimpannya ke dalam tas agar lebih praktis saat proses pemeriksaan.

Lantas, bagaimana dengan barang bawaan penumpang? Sama seperti perlakuannya kepada penumpang, barang bawaan juga harus diperiksa untuk memastikan tidak ada yang membahayakan atau mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Untuk barang yang dilarang dalam penerbangan dapat dikategorikan prohibited items explosive, weapon, dangerous goods, dangerous article. Bagi calon penumpang, ada baiknya mengetahui perbedaannya, agar perjalanan nyaman karena barang yang kita bawa tidak ada yang tertahan petugas keamanan bandara dikarenakan masuk ke dalam jenis prohibited items.

Dangerous goods yaitu barang atau bahan yang dapat membahayakan kesehatan, keselamatan, harta benda, dan lingkungan.

Jika ditemukan penumpang yang membawa dangerous goods maka barang tersebut akan diperlakukan sesuai ketentuan penanganan pengangkutan barang berbahaya dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 tahun 2013 tentang keselamatan pengangkutan barang berbahaya.

Kategori terakhir yaitu dangerous article yang merupakan alat, atau benda tumpul yang dapat dipergunakan unutk mengancam, mencederai, melumpuhkan, dan membuat orang tidak berdaya(busur, ketapel, silet, pisau lipat, gunting, linggis, pemukul baseball, raket) diizinkan dengan penanganan khusus.

"Jadi, sudah siapkah kita menjadi penumpang pesawat udara yang turut menjaga keamanan dan keselamatan bersama," ungkapnya. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Valdy Suak
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help