5 Tanda Ponselmu Sudah Merampas Kualitas Hidup

Gaya hidup masa kini membut kita hampir mustahil menjauh dari ponsel. Ini terjadi hampir pada setiap masyarakat di dunia.

5 Tanda Ponselmu Sudah Merampas Kualitas Hidup
bernardbodo
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gaya hidup masa kini membut kita hampir mustahil menjauh dari ponsel. Ini terjadi hampir pada setiap masyarakat di dunia.

Hipnoterapis dan pakar kecemasan di Calmer You sekaligus penulis The Anxiety Solution, Chloe Brotheridge mengatakan bahwa mengecek ponsel adalah hal menimbulkan kecanduan.

Kita akan terikat dengan setiap informasi yang kita dapatkan lewat pesan elektronik atau berita-berita yang ada.

"Terus-menerus melihat ponsel itu artinya kita tidak pernah benar-benar istirahat," ujar Chloe.

Penggunaan ponsel memang sering dikaitkan dengan masalah kecemasan. Tapi, ada beberapa hal yang mungkin belum kita ketahui soal dampak penggunaan ponsel terhadap kesehatan mental.

Apa saja kah dampaknya dan ciri-ciri orang yang sudah kecanduan ponsel?

1. Memengaruhi pola tidur

Kurang tidur adalah gejala umum kecemasan. Banyak dari kita yang menggunakan ponsel sebagai alarm.

"Itu berarti ponsel ada di sebelah kita sebelum tidur dan saat kita bangun. Membuat kita tergoda untuk mengecek ponsel sebelum tidur dan saat bangun," kata dia. Akibatnya kita menjadi kurang tidur, atau kualitas tidur berkurang.

Chloe menilai beberapa aktivitas menggunakan ponsel bukan lah hal yang baik untuk mengakhiri dan memulai hari. Seperti mengecek surat elektronik yang masuk atau mengecek selfie para blogger di media sosial.

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help