Simak Enam Trayek yang Dilewati Kapal Ternak

Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan enam trayek kapal ternak untuk tahun anggaran 2018.

Simak Enam Trayek yang Dilewati Kapal Ternak
afp
Ternak yang diangkut menggunakan kapal di Tanjung Priok, Jakarta 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan enam trayek kapal ternak untuk tahun anggaran 2018.

Hal itu dilakukan untuk meningkatan distribusi ternak melalui angkutan laut dan pemenuhan kebutuhan daging di wilayah konsumen.

Kepala Sub Direktorat Angkutan Laut Dalam Negeri Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko mengatakan, trayek tersebut akan dilayani dengan menggunakan satu unit kapal ternak eksisiting dan lima unit kapal ternak baru.

"Dari enam trayek, sebanyak dua trayek akan dilayani oleh Pelni, dua trayek akan dilayani oleh ASDP Indonesia Ferry melalui penugasan, dan dua trayek lainnya akan dilayani oleh perusahaan swasta melalui mekanisme pelelangan umum," jelas Wisnu dalam keterangan resmi, Kamis (15/2).

Sementara, pada tahun anggaran 2017, realisasi penyelenggaraan kapal angkutan ternak hanya 16 voyage atau 84,21% dari target yang ditetapkan sebelumnya yaitu 19 voyage.

Adapun kapasitas kapal selalu terisi penuh setiap voyage yaitu 500 ekor setiap voyage.

Menurut Kementerian Pertanian, pemanfaatan kapal ternak masih belum mampu mempengaruhi penurunan harga di pasar.

Sebab, dari 66.300 ekor target kuota pengeluaran ternak sapi dari Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2017, kapal ternak KM Camara Nusantara 01 hanya dapat mengangkut 12.000 ekor atau setara 18%.

Guna efisiensi anggaran belanja negara, Kemenhub akan membebankan pembiayaan perawat ternak atau kleder kepada masing-masing pemilik ternak.

“Dari sisi operasional teknis lapangan, kleder dari pemilik ternak lebih mengetahui karakteristik ternak yang dimilikinya,” katanya.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help