Peristiwa Merah Putih Kalah Pamor Dari Valentine, Pemprov Sulut Mau Buat Pergub

Peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946 merupakan hari bersejarah bagi Sulawesi Utara dalam perjuangan merebut kemerdekaan RI.

Peristiwa Merah Putih Kalah Pamor Dari Valentine, Pemprov Sulut Mau Buat Pergub
RYO NOOR
Meiki Onibala 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUN MANADO.CO.ID, MANADO - Peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946 merupakan hari bersejarah bagi Sulawesi Utara dalam perjuangan merebut kemerdekaan RI.

Tangsi militer Belanda di Teling direbut para pemuda Minahasa, diperingati sebagai peristiwa merah putih setelah para pejuang merobek bendera warna biru bagian bendera Belanda dan meninggal merah putih berkibar.

peristiwa bersejarah ini rupanya masih kalah pamor dari hari valentine di kalangan generasi muda.

Meiki Onibala, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprov Sulut menyampaikan, hal ini menjadi latar belakang Pemerintah Provinsi Sulut membuat Peraturan Gubernur untuk peringatan Peristiwa Merah Putih setiap 14 Februari.

"Banyak generasi muda belum mengetahui arti penting persitiwa merah putih 14 Februari, Sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Saat ini masih kalah pamor dengan hari valentine," ungkapnya ketika diwawancarai dibKantor

Dalam Pergub ini akan mengukuhkan 14 Februari merupakan hari bagi masyarakat Sulut.

"Kami sudah diskusikan hal ini kepada Wagub, dan didukung oleh DPRD, para pejuang veteran," kata dia.

Tiap tahun akan ada peringatan, sepeti upacara bendera, dialog, ziarah ke makam pahlawan atau kegiatan peringatan lainnya

"Nilai perjuangan ini penting menyampaikan ke generasi muda cara mengisi kemerdekaan. Kits mengetahui dan mengenang perjuangan pejuang Minahasa dalam merebut kemerdekaan dari penjajah,," kata Onibala.

Pada peringatan persitiwa merah putih 14 Februari kemarin, Kesbangpol sebenarnya sudah menyusun rencana peringatan dengan menggelar kegiatan kirab remaja nasional, namun acara itu batal digelar.

Gantinya diadakan upacara bendera di Halaman Kantor Gubernur.

Kata Onibala, kirab remaja ditunda pelaksanaannya mencari waktu yang pas. Karena persiapan kali ini waktunya sempit. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved