Kisah Pemandu Wisata Menyelam Turis Tiongkok, Wena Sering Beri Kursus Menyelam

Wena Regar seorang instruktur selam di Sulut hanya bisa dihitung dengan jari hari di mana ia tak bekerja untuk beri kursus menyelam pada turis

Kisah Pemandu Wisata Menyelam Turis Tiongkok, Wena Sering Beri Kursus Menyelam
Ist
Wena saat kursus pada turis tiongkok 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Terbukanya akses pariwisata antara Sulawesi Utara dan Tiongkok membawa berkah bagi para pemandu wisata. Wena Regar misalnya, hanya bisa dihitung dengan jari hari di mana ia tak bekerja.

Wena yang merupakan warga Winangun ini adalah seorang instruktur selam di Sulut. Hampir setiap hari ia mengantar turis Tiongkok untuk diving. Dua spot yang sering dikunjungi adalah Bunaken dan Lembeh.

Dalam seminggu, Wena bisa mengantar tamu tiap hari, kalau ramai. Kalaupun tidak, paling hanya atau dua hari ia mengumpulkan energi untuk kembali menjalankan pekerjaannya, sekaligus hobi yang telah tekuni bertahun-tahun ini.

"Dulu belum seperti sekarang. Karena akses Manado - Tiongkok sudah terbuka, jadi makin banyak turis Tiongkok di sini. Itu juga berdampak pada pekerjaan kami," ujar Wena, Kamis (15/2).

Banyak turis Cina yang memang kursus menyelam. Namun ada pula yang hanya intro dive. Dengan paket wisata hingga lima hari, turis Cina bisa menyempatkan diri untuk kursus.

"Kursus paling hanya empat hari, jadi bisa. Tapi banyak pula turis yang tak ikut paket tur lima hari. Mereka tinggal lama, ada yang sampai satu minggu bahkan bisa lebih," ucapnya.

Wena sedikit mengalami kesulitan berbahasa. Banyak turis Tiongkok yang tak fasih berbahasa Inggris. "Selain itu juga, ada yang tak tahu berenang, tapi memaksa untuk kursus. Itu harus mulai lagi dari awal. Tapi ya ada suka dukanya," ucapnya.

Wena berperan sebagai operator sekalian pemandu wisata. Ia biasanya mengantar tamu bersama rekan-rekannya di Manado Dive Club. Jumlah guide, tergantung jumlah tamu.

"Misalnya kami bawa empat tamu, guidenya dua. Jadi satu orang menangani dua tamu. Itu pun kalau turun menyelam tak turun dua-duanya. Paling satu per satu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help