Drone AS Tewaskan Wakil Pemimpin Taliban Pakistan

Pemimpin Taliban Pakistan Mullah Fazlullah telah menunjuk seorang komandan bernama Mufti Noor Wali Wali untuk menggantikan Mehsud

Drone AS Tewaskan Wakil Pemimpin Taliban Pakistan
BBC
Khalid Mehsud 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KABUL - Kapal tak berawak alias drone menjadi senjata mematikan yang digunakan Amerika Serikat dalam memburu targetnya.

Teranyar, drone AS dilaporkan telah menembak mati wakil pemimpin Taliban Pakistan, Khalid Mehsud, pekan lalu.

Dilansir dari warta Daily Mail, Senin (12/02/2018), pejabat keamanan Pakistan menyebut bahwa Mehsud yang juga dikenal dengan nama Sajna, tewas di provinsi Paktika, Afghanistan, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Namun, Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP) yang juga dikenal sebagai Taliban Pakistan, mengklaim bahwa Mehsud terbunuh di sisi perbatasan Pakistan, di wilayah Waziristan Utara.

"Kami mengonfirmasi bahwa wakil kepala TTP Khalid Mehsud tewas dalam serangan drone," kata Mohammad Khurasani, juru bicara TTP.

Pemimpin Taliban Pakistan Mullah Fazlullah, lanjut dia, telah menunjuk seorang komandan bernama Mufti Noor Wali Wali untuk menggantikan Mehsud.

Baca: Sadis! Taliban Gunakan Bayi 4 Bulan untuk Sembunyikan Bom

Wali, seperti pendahulunya, akan memimpin militan di Waziristan Selatan, sebuah daerah pegunungan yang terjal di perbatasan Afghanistan yang telah lama menjadi rumah bagi militan asing Pakistan, Afghanistan, dan Al Qaeda.

Wali yang dikenal dengan julukan Ghar Starga, adalah seorang pemimpin yang kejam dengan pengalaman bekerja di daerah perkotaan Pakistan termasuk di selatan kota Karachi.

Ia belajar di sekolah agama di kota Faisalabad di provinsi Punjab, India, dan baru-baru ini menulis sebuah buku yang memuji pendiri Taliban Pakistan, Baitullah Mehsud, yang terbunuh dalam serangan drone tahun 2009.

Halaman
12
Penulis: maximus conterius
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved