Ditjen Pajak Proaktif Jaring 17 Juta Wajib Pajak untuk Lapor SPT

Jumlah wajib pajak yang harus melapor Surat Pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan tahunan orang pribadi.

Ditjen Pajak Proaktif Jaring 17 Juta Wajib Pajak untuk Lapor SPT
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Hari terakhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) bagi wajib pajak perorangan pribadi membludak. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - JAKARTA - Jumlah wajib pajak yang harus melapor Surat Pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan tahunan orang pribadi yang terus bertambah, mendorong Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak melakukan jemput bola untuk menjaring laporan SPT tersebut.

Direktur P2 Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, pihaknya mendatangi sejumlah perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan memfasilitasi pelaporan SPT tanpa harus datang ke kantor pajak.

Beberapa KPP membuka pos pelayanan di keramaian untuk penerimaan SPT tahunan, salah satunya mal berupa pojok pajak yang melayani pembuatan EFIN dan e-filing.

"Sekarang sudah banyak KPP yang bergerak, banyak juga yang datang ke kantor perusahaan yang karyawannya banyak. Kami rutin setiap tahun jemput bola," kata Hestu di kantor, Rabu (14/2).

Agar laporan tidak menumpuk di akhir, pihaknya membuka pintu bagi perusahaan yang memiliki karyawan banyak untuk difasilitasi dalam pelaporan SPT para karyawannya.

Sebab, perilaku WP cenderung senang melapor di akhir-akhir periode SPT.

“WP dibimbing mengisi secara e-filing. Kami datang ke perusahaaan, membuat bimbingan,” jelasnya.

Hestu bilang, tahun ini, jumlah WP yang wajib lapor SPT sebanyak 17,5 juta. Jumlah ini naik dari tahun 2017 yang sejumlah 12,5 juta WP menyampaikan SPT dari total 16,6 juta WP yang wajib menyampaikan SPT.

Berdasarkan data Ditjen Pajak, rasio kepatuhan wajib pajak sepanjang 2017 tercatat sebesar 72,60%, atau 96,8% dari target yang dipatok sebesar 75%.

Rasio kepatuhan pajak tahun ini meningkat cukup tajam dari tahun lalu yang hanya mencapai 63,15%.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help