Akibat Hantaman Gelombang, Kapal Bermuatan Bahan Campuran Karam di Perairan Sitaro

Kapal Motor (KM) Harapan Berkat GT-32 yang bermuatan bahan campuran (bahan pecah belah) karam setelah diterjang gelombang tinggi di Perairan Sitar...

Akibat Hantaman Gelombang, Kapal Bermuatan Bahan Campuran Karam di Perairan Sitaro
ISTIMEWA
Kapal Motor (KM) Harapan Berkat GT-32 karam di perairan Sitaro

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Kapal Motor (KM) Harapan Berkat GT-32 yang bermuatan bahan campuran (bahan pecah belah) karam setelah diterjang gelombang tinggi di Perairan Sitaro, dekat Pulau Makalehi Kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Beruntung sebelas orang penumpang yang terdiri dari satu nakhoda dan tiga Anak Buah Kapal (ABK) selamat akibat peristiwa tersebut.

Kordinator SAR Tahuna, Yahya Sadue mengatakan, karamnya kapal tersebut akibat dihantam ombak besar yang akhir-akhir ini melanda perairan Sitaro.

"Benar telah tenggelamnya sebuah kapal kayu bernama KM Berkat Harapan. Kapal tersebut tenggelam disebabkan oleh terjangan gelombang tinggi sehingga mengakibatkan pecahnya lambung kapal," terang Sadue, Selasa (13/2/2018).

Data yang dihimpun, pada Minggu (11/2/2018) pukul 19.00 Wita, kapal kayu KM Harapan Berkat, GT-32 berangkat dari Pelabuhan Makalehi menuju Pelabuhan Nusantara Tahuna.

Sekira pukul 20.00 Wita, setelah berlayar kurang lebih 4 (empat) mil dari Pelabuhan Makalehi, terjadi kebocoran kapal akibat hantaman ombak.

Maka air laut mulai masuk ke lambung kapal dan mesin alkon tidak mampu menguras air laut yang masuk.

Tidak mau ambil risiko, nakhoda langsung memutar balik haluan kapal kembali ke Pulau Makalehi.

Melihat kapal sudah kemasukan banyak air, nakhoda kapal mengambil inisiatif mengandaskan KM Harapan Berkat di sebelah Utara Pulau Makalehi.

"Seluruh ABK yang berjumlah 11 (sebelas) orang dengan nakhoda kapal dalam keadaan selamat dan kondisi kapal masih di tempat dikandaskan di Sebelah Utara Pulau Makalehi. Kira-kira 100 Meter dari pesisir pantai. Letaknya jauh dari pemukiman penduduk," tambah Sadue.

Halaman
12
Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help