19 Vendor yang Bikin Ponsel 5G Tahun Depan

Chipset Snapdragon X50 menjadi kapal bagi Qualcomm dalam meramaikan teknologi konektivitas ini.

19 Vendor yang Bikin Ponsel 5G Tahun Depan
ISTIMEWA
Ilustrasi jaringan 5G 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pabrikan Snapdragon, Qualcomm mengumumkan keikutsertaannya dalam teknologi jaringan 5G.

Chipset Snapdragon X50 menjadi kapal bagi Qualcomm dalam meramaikan teknologi konektivitas ini.

Lewat sebuah siaran pers di laman resminya, Snapdragon X50 akan mendukung 18 vendor smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Dari 18 merek tersebut, semuanya merupakan merek ternama.

Uniknya, dalam daftar yang dipublikasi Qualcomm sama sekali tidak menyebutkan merek Apple. Wajar saja jika mengingat perseteruan Qualcomm dan Apple, karena kasus pelanggaran paten belum berakhir.

Berdasarkan tinjauan KompasTekno dari situs resmi Qualcomm, Senin (12/2/2018), vendor ternama yang masuk dalam daftar pengguna Snapdragon X50 adalah sebagai berikut:

Asus
Fujitsu
Xiaomi
LG
Oppo
HMD Global
HTC
Samsung
Sharp
Sony
Vivo
Xiaomi
ZTE

Samsung dipastikan ikut kelompok awal ini karena vendor asal Korea Selatan ini telah memperpanjang kontraknya dengan Qualcomm hingga lima tahun ke depan.

Selain lima belas merek ternama itu, ada vendor lain yang mungkin asing bagi masyarakat Indonesia. Seperti:

Inseego/Novatel
NetComm
Sierra
Telit 
Wingtech
WNC

Selain 18 vendor yang telah disebut di atas, Qualcomm yang bermarkas di San Diego, Amerika serikat ini juga mendukung sejumlah perusahaan telekomunikasi seperti AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon, dan Vodafone.

Sebagai teknologi jaringan terbaru, Qualcomm mengklaim bahwa chipset 5G buatannya mampu mengunduh file berukuran gigabits dalam hitungan detik.

Sebagai perkenalan, chipset X50G bakal dipamerkan dan diuji coba Qualcomm di ajang MWC 2018 akhir bulan ini. Sedangkan chipset 5G ini akan dikirim ke vendor pada 2019.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help