TribunManado/

Wali Kota Tatong Serahkan Izin Gratis kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil

warga Kota Kotamobagu yang memiliki usaha jual kecil berupa kue basah, jual sayur, rempah-rempah

Wali Kota Tatong Serahkan Izin Gratis kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Warga Kotamobagu terima izin usaha dari wali kota Tatong Bara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Sejumlah warga Kota Kotamobagu yang memiliki usaha jual kecil berupa kue basah, jual sayur, rempah-rempah di pasar, warung dan usaha mikro kecil menengah lainnya oleh pemerintah diberi izin usaha cuma-cuma alias gratis.

"Selama ini dalam menjalankan usaha tak ada izin hampir setahun, baru sekarang diberi izin oleh pemerintah," tutur Kawamawati Massi (45) warga yang jualan kue basah dan tradisional kepada Tribun Manado, Jumat (9/2/2018).

Warga Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur ini terlebih dulu didata untuk mendapatkan izin usaha. Perempuan ini tak serta merta mengiakan mendapatkan izin usaha dengan menyakatan apakah ada pembayaran kewajiban lain terkait izin itu, namun oleh pemerintah melalui dinas terkait Dinas perindustrian koperasi dan UKm menyampaikan tidak ada pembayaran apa-apa.

"Dengan adanya izin ini mempermudah meningkatkan dan mengembangkan usaha. Berencana untuk melakukan kredit dana segar di Bank," kata dia.

‎Kue basah atau kue tradisional yang dia jajakan ada bermacam-macam, seperti donat, balapis, batawi dan lainnya. Pendapatan sehari Rp 500 ribu. "kalau pembeli sepi Rp 100 ribu lebih, sedangkan untuk modal beli bahan selama sepakan Rp  1 juta," pungkasnya.

Hamdi Yusuf (40) pelaku usaha jualan rempah-rempah di pasar Poyowa Kecil mengaku dengan adanya izin ini diharapkan akan menstabilkan pembeli yang datang ke pasar.

"Selama ini masi kurang pembeli, hanya hari Sabtu dan Minggu waktu ramai pembeli, keluh Yusuf. Omset per hari saat ramai pembeli Yusuf bisa mendapat Rp 1.5 juta jauh dari modal yang harus ia keluarkan senilai Rp 3 juta.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help