Arab Saudi Berlakukan Sanksi bagi yang Merokok di Tempat Umum, Dendanya hingga Rp 18 Juta

Buat kamu yang tidak bisa menahan diri untuk merokok, kamu harus meninggalkannya ketika berkunjung ke Arab Saudi.

Arab Saudi Berlakukan Sanksi bagi yang Merokok di Tempat Umum, Dendanya hingga Rp 18 Juta
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi merokok. 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Apakah kamu termasuk perokok aktif?

Buat kamu yang tidak bisa menahan diri untuk merokok, kamu harus meninggalkannya ketika berkunjung ke Arab Saudi.

Hal ini dikarenakan Komite Nasional Pengendalian Tembakau Arab Saudi sedang memproses pemberlakukan aturan sanksi anti-perokok yang akan menjatuhkan denda hingga 5.000 riyal (sekitar Rp 18 juta) bagi perokok di kawasan yang dilarang.

Dilansir dari Al Arabiya pada Jumat (9/2/2018) dalam peraturan anti-perokok di Arab Saudi, tindakan merokok akan dilarang di sejumlah tempat umum.

Tempat-tempat tersebut di antaranya adalah lapangan di sekitar masjid, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, kesehatan, olahraga, kebudayaan, sosial dan amal, serta tempat kerja di perusahaan, institusi, pabrik, bank dan sejenisnya.

Selain itu, merokok juga dilarang di moda transportasi umum, baik di darat, laut maupun udara, di tempat-tempat yang menawarkan makanan dan minuman, serta pabrik pengolahan maupun pengemasan.

Larangan merokok juga berlaku di tempat distribusi produk minyak, transportasi, lokasi penyulingan, termasuk stasiun distribusi bahan bakar dan gas, tempat penyimpanan, lift dan toilet.

Peraturan ini tidak hanya berlaku untuk jenis rokok batangan, namun juga jenis lainnya, seperti cerutu, rokok pipa, shisha, tembakau dalam bentuk permen karet, maupun dalam bentuk dan penyimpanan lainnya yang relevan.

Selain aturan untuk perokok, peraturan yang disahkan pemerintah Saudi juga menyetujui menghukum siapapun yang terbukti bersalah melakukan budidaya atau pembuatan tembakau dan turunannya di wilayah negara itu.

Pelanggar untuk budidaya tembakau akan dituntut dengan denda hingga 20.000 riyal atau lebih dari Rp 72 juta.

Sumber informasi yang didapat Al Arabiya, pemerintah Arab Saudi juga tengah menyiapkan klinik keliling yang akan merawat para perokok.

(Tribunnews/ Rika Apriyanti)

Penulis: Rika Apriyanti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved