Sebanyak 1.759 ASN Kena Sanksi Disiplin di 2017

Pelanggaran disiplin aparatur sipil negara terbilang masih tinggi. Masalah ini bisa terlihat dari jumlah PNS yang masih dijatuhi.

Sebanyak 1.759 ASN Kena Sanksi Disiplin di 2017
Dok Suhandri L
Ilustrasi. Apel bersama Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Talaud yang dipimpin Penjabat Bupati Petrus Tuange, Senin (15/1/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pelanggaran disiplin aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) terbilang masih tinggi. Masalah ini bisa terlihat dari jumlah PNS yang masih dijatuhi hukuman disiplin.

Data sistem peringatan dini Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepagawaian Negara (BKN), sepanjang 2017 kemarin, masih ada 1.759 PNS yang dijatuhi hukuman disiplin.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), M. Ridwan dalam pernyataan yang dikeluarkan Rabu (7/2) kemarin mengatakan, sanksi disiplin diberikan dalam 12 bentuk.

Salah satunya, pemberhentian secara tidak hormat. PNS yang mendapatkan sanksi displin tersebut mencapai 96 orang.

Selain pemberhentian tidak hormat, sanksi juga diberikan dalam bentuk pembebasan dari jabatan, penurunan jabatan satu tingkat, penundaan kenaikan pangkat, penundaan gaji maksimal satu tahun, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, teguran tertulis,

Sanksi disiplin tersebut kebanyakan diberikan atas pelanggaran disiplin jam kerja. "Jumlahnya 570 kasus," katanya.

Selain masalah jam kerja, masalah disiplin lainnya berkaitan dengan tugas kedinasan. Banyak PNS yang diberikan tugas tapi kemudian menyalahgunakan kewenangan mereka. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help