TribunManado/

Faktor Politik Ternyata Pemicu Penguatan Euro terhadap Yen

Perkembangan positif politik di Jerman mendukung penguatan euro pada Kamis (8/2). Itu sebabnya, mata uang negara-negara Uni Eropa.

Faktor Politik Ternyata Pemicu Penguatan Euro terhadap Yen
AFP
Mata Uang Euro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Perkembangan positif politik di Jerman mendukung penguatan euro pada Kamis (8/2). Itu sebabnya, mata uang negara-negara Uni Eropa ini berhasil mengungguli yen Jepang. Apalagi di tengah sentimen negatif yang membayangi yen.

Mengutip Bloomberg, Kamis (8/2) pukul 18.54 WIB, pasangan mata uang EUR/JPY naik 0,05% ke level 134,16.

Kemarin, tiga partai di Jerman, yaitu Sosial Demokrat (SPD), Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) dan Partai Persatuan Kristen Sosial (CSU) telah menyetujui pemerintahan koalisi.

Hal ini menjadi sentimen positif yang menguatkan mata uang euro. Meskipun, masih ada ganjalan, yaitu terkait pemilihan pejabat di pemerintahan.

Sedangkan dari Jepang, data ekonomi yang baru saja dirilis menunjukkan perlambatan. Economy watchers sentiment bulan Desember turun ke level 49,9 dibanding periode sebelumnya di 53,9.

Data ini menekan yen. "Yen mendapat hantaman yang lebih besar karena rapuhnya fundamental Jepang dibandingkan Uni Eropa," kata analis Asia Tradepoint Futures Andri Hardianto, hari ini.

Secara teknikal, Andri melihat peluang pasangan EUR/JPY menguat sangat besar. Hal ini terlihat dari sinyal buy serentak yang terlihat pada indikator moving average (MA) 50, MA 100 dan MA 200 dan moving average convergence divergence (MACD) di level 2,1. Adapun indikator stochastic di level 67 dan indikator relative strength index di level 56,3.

Andri merekomendasi buy dengan support 133,282-131,263 dan resistance 135,301-137,32. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help