Berbulan-bulan Tertunda, Tuange Lantik Kades Perangen

Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange resmi melantik Kepala Desa (Kades) Perangen, Kecamatan Rainis di Aula Sekretariat Daerah, Melonguane, Kepula...

Berbulan-bulan Tertunda, Tuange Lantik Kades Perangen
ISTIMEWA
Berbulan-bulan Tertunda, Tuange Lantik Kades Perangen 

Laporan Wartawan Tribun Manado Jhonly Kaletuang

TRIBUNMANADO.CO.ID, MELONGUANE - Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange resmi melantik Kepala Desa (Kades) Perangen, Kecamatan Rainis di Aula Sekretariat Daerah, Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin (5/2/2018) kemarin.

Pelantikan Kades berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 102 Tahun 2018 Tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala desa Perangen, Kecamatan Rainis.

Dengan resmi dilantik, Tuange meminta kepada Kades Perangen untuk menjalankan tugas dengan baik serta dapat mengayomi masyarakat.

"Setelah pelantikan ini lakukan tugas anda. Temui setiap masyarakat untuk duduk bersama-sama membangun desa Perangen ke depan. Jangan sekali-kali membedakan pelayanan," kata Tuange kepada Kades Perangen.

Lanjutnya, pelantikan Kades Perangen ini merupakan sejarah, karena sudah berbulan-bulan belum dilantik.

"Tugas pemerintah adalah mengambil keputusan dan menjadi sebuah hal yang salah ketika sebuah permasalahan itu tidak dapat diselesaikan. Keputusan pemerintah dibuat sesuai tatanan serta berdasarkan aturan yang berlaku. Sehingga menurut peristiwa yang sudah dilalui hingga mengakibatkan tertundanya pelantikan ini berarti di sana ada persoalan. Dan untuk menghadapinya butuh hikmat, kearifan dan kebijaksanaan oleh pemerintah," tambahnya.

Di samping itu, Tuange mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan tugas, Kades harus memahami aturan kepala desa yaitu tugas kolektif kolegial.

Jadi dalam mengambil keputusan harus melibatkan BPD, aparat desa dan masyarakat sebagai mitra kerja, sehingga dalam mengambil keputusan sesuai kesepakatan bersama bukan keputusan sendiri.

Selain itu, dirinya mengingatkan tentang pengelolaan dana desa.

"Pengelolaan dana desa saat ini telah menjadi radar pantauan KPK,Kejaksaan dan Kepolisian. Untuk itu program dan kegiatan belanja modal harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Jika anda bertumpu pada aturan itu maka anda pasti akan aman dalam melaksanakan tugas," ungkapnya.

Sementara itu, Kades Perangen Nepli Sedu mengatakan, siap mengabdi untuk masyarakat Perangen.

"Terima kasih untuk perhatian dari Bupati. Ke depan pembangunan desa Perangen siap dilanjutkan," tandas Nepli Sapaan akrap Kades Perangen ini.

Diketahui dalam pelantikan tersebut, hadir Ketua Dekab Talaud George Rompah, Wakil Ketua Dekab Jakop Mangole, Asisten I Alex Sahadula, Asisten II Toni Gagola, Asisten III Djodi Taasiringan, sejumlah pejabat tinggi pratama, pejabat Eselon III dan IV, Camat Rainis Jamert Majampoh, Rohaniawan serta masyarakat dari desa Perangen.

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help