Inilah Peristiwa Berkaitan 150 Tahun Kembalinya Gereja Katolik di Keuskupan Manado

Itu dikatakan Pastor Albertus Sujoko MSC dalam sosialisasi 150 tahun umat Katolik bangkit kembali di Keuskupan Manado

Inilah Peristiwa Berkaitan 150 Tahun Kembalinya Gereja Katolik di Keuskupan Manado
TRIBUNMANADO/DAVID MANEWUS
Sosialisasi masuknya kembali Katolik ke wilayah keuskupan Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Yubileum 150 tahun peringatan kembalinya Gereja Katolik di Keuskupan Manado tahun 2018 ini tidak lepas dari Yubelium yang sama tahun 1993 yang diprakarsai oleh Uskup Manado saat itu, Mgr Josef Suwatan MSC.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa peristiwa itupun berkaitan dengan sebuah peristiwa sederhana dimana, Yopy Kojo, Guru Jemaat Tincep yang menyimpan dokumen "Peringatan surat Daniel Mandagi" menyerahkannya kepada Pastor Jacobus Wagey pada 19 Maret 1993.

Itu dikatakan Pastor Albertus Sujoko MSC dalam sosialisasi 150 tahun umat Katolik bangkit kembali di Keuskupan Manado, Minggu (4/2/2018) di Paroki Lembean.

Dengan materi "Sejarah Kedatangan Pastor Johanis De Vries SJ di Kema 14 September 1868", ia mengatakan dokumen bersejarah itu kemudian diserahkan Uskup Suwatan pada tanggal 29 Maret 1993.

"Monsigneur Suwatan yang menjadi Uskup Manado 29 Juni 1990 menyadari bahwa dengan dokumen surat Daniel Mandagi itu, maka tahun 1993 itu Gereja Katolik Keuskupan Manado memperingati 125 tahun kembalinya umat Katolik, dihitung dari kedatangan Pastor Jan de Vries SJ pada tanggal 14 September 1868. Maka dibuatlah sosialisasi dan perayaan waktu itu secara besar-besaran dengan perarakan Salib," katanya.

Ia mengatakan acara peringatan 25 tahun lalu itu juga ditandai dengan pembuatan patung Pastor Jan de Vries SJ di depan Gereja Kema. Itu lengkap dengan daftar nama orang-orang Kema yang dibabtis pada waktu itu.

"Peristiwa ditemukannya surat tulisan bapak Daniel Mandagi dan penyerahan surat tersebut kepada Uskup Manado tahun 1993 itu adalah bagian dari sejarah peringatan Yubileum 150 tahun kembalinya Gereja Katolik di wilayah yang kemudian menjadi Keuskupan Manado ini. Sebab kalau Bapak Uskup Manado  tidak mencanangkan peringatan itu, perayaan iman Katolik di Keuskupan ini juga bisa berdasarkam pada data-data sejarah yang lain," katanya.

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved