Ketum PBNU: Masalah Video Kapolri Sudah Selesai

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siraj mengatakan, baik NU, Muhammadiyah, maupun ormas islam lainnya

Ketum PBNU: Masalah Video Kapolri Sudah Selesai
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siraj mengatakan, baik NU, Muhammadiyah, maupun ormas islam lainnya telah mendengar penjelasan Kapolri Jenderal PolTito Karnavian soal video pidatonya yang viral.

Dalam video itu, pernyataan Kapolri seolah mengesampingkan ormas islam selian NU dan Muhammadiyah.

Menurut Said, kini permasalahan tersebut sudah diselesaikan dengan baik.

"Masalah potongan pidato Kapolri yang di video yamg viral itu sudah selesai. Tidak lagi ada kelanjutannya. Sudah tidak diperlukan lagi tabayyun, sudah selesai di sini," ujar Said di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Sebelum memberikan keterangan, pengurus PBNU bersama Kapolri dan pengurus sejumlah ormas islam melakukan dialog tertutup. Dalam kesempatan itu, Kapolri meluruskan pernyataannya di dalam video.

Penjelasan tersebut, kata Said, sudah bisa diterima orang-orang yang hadir dalam pertemuan. Ia mengatakan, pertemuan berlangsung dengan cair tanpa ketegangan.

"Kalau ada yang mau mengembangkan lagi, berarti ada tujuan yang kurang baik," kata Said.

Selain mengklarifikasi pernyataan Kapolri, kata Said, pertemuan tersebut sekaligus momentum memperkuat silaturahim, saling terbuka, dan bertukar pendapat demi menjaga keamanan negara. Apalagi dalam menghadapi tahun politik yang suasananya mulai memanas.

Said mengatakan, semua pihak harus mengantisipasi munculnya konflik sebagaimana yang pernah dialami dalam Pilkada sebelumnya.

"Jangan sampai, terus terang saja, terulang seperti Pilgub DKI kemarin yang semuanya jadi kehilangan etika, tidak mampu kendalikan dirinya," kata Said.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved