Soal Masa Jabatan dan Mantan Napi, Hesty Yakin Elly Lasut Ditetapkan KPU jadi Calon Bupati Talaud

‘’Semua persyaratan sebagai calon telah dimasukkan oleh Pak Elly, jadi sebenarnya sudah tak ada masalah lagi,"

Soal Masa Jabatan dan Mantan Napi, Hesty Yakin Elly Lasut Ditetapkan KPU jadi Calon Bupati Talaud
ISTIMEWA
Elly Lasut bersama pendukungnya 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hesty Sondakh, juru bicara calon Bupati Talaud, Elly Lasut yakin jagoannya ditetapkan sebagai calon kepala daerah (pilkada) 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab semua syarat telah dipenuhi oleh Elly sebagai bakal calon.

‘’Semua persyaratan sebagai calon telah dimasukkan oleh Pak Elly, jadi sebenarnya sudah tak ada masalah lagi. Kini tinggal menunggu penetapan saja dari KPU Kabupaten Talaud sebagai penyelenggara pilkada,’’ kata Hesty, Selasa (30/1/2018).

Hesty menjelaskan, kendati Elly pernah dilantik sebagai Bupati Talaud pada tahun 2004-2009 dan 2009-2014. Namun Elly belum pernah menjabat sebagai bupati selama dua kali masa jabatan. Periode terakhir, Elly hanya menjabat selama 2 tahun 1 bulan saja.

‘’Jadi, Pak Elly terhitung hanya menjabat sebagai bupati pada satu masa jabatan saja. Sebab, pada periode kedua tak dihitung satu masa jabatan, sebab menjabat kurang dari 2 tahun 6 bulan saja, yakni hanya 2 tahun 1 bulan saja sejak dilantik 16 Juli 2009 dan diberhentikan permanen pada 10 Agustus 2011 setelah kasus hukumnya yang membelitnya incracht,’’ jelasnya.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 huruf O angka 1, yang menyatakan perhitungan 2 kali masa jabatan dihitung berdasarkan jumlah pelantikan dalam jabatan yang sama, yaitu masa jabatan pertama selama 5 tahun penuh, dan masa jabatan kedua paling singkat selama 2 ½ (dua setengah) tahun dan sebaliknya.

Penegasan soal Elly belum menjabat sebagai bupati selama dua kali masa jabatan juga datang dari Kemendagri.

Lewat Surat Keputusan Mendagri Nomor 131 Tahun 2017 dengan tegas menyatakan bahwa Elly belum menjabat dua periode.

‘’Surat keterangan dari Ditjen Otda Sonny Sumarsono juga menyatakan hal yang sama, yakni Elly belum dua periode menjabat,’’ tuturnya.

Soal polemik mantan napi, Hesty menyatakan tak ada persoalan lagi. Sebab Elly telah menyelesaikan masa pidananya dan mengakuinya secara terbuka didepan umum.

‘’Pak Elly sudah mengakui bahwa ia adalah mantan napi, jadi tak ada masalah lagi dengan syarat-syarat sebagai calon kepala daerah,’’ katanya.

Katanyam Elly fokus untuk menggalang dukungan masyarakat Kabupaten Talaud.

Ia bertekad untuk menjadikan masyarakat lebih maju dan sejahtera, jika dipercayakan kembali untuk memimpin Talaud dalam periode kepemimpinan yang baru.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help