Festival Gelora Pagimana 2018, Peringatan Peristiwa Historis dalam Balutan Keramahtamahan

Perjuangan para pemuda Pagimana, sebuah kota kecamatan dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, selalu diperingati sebagai suatu peristiwa

Festival Gelora Pagimana 2018, Peringatan Peristiwa Historis dalam Balutan Keramahtamahan
ist
Festival Gelora Pagimana 2018 

Citizen journalism Oleh: Ali Sopyan

TRIBUNMANADO.CO.ID-Perjuangan para pemuda Pagimana, sebuah kota kecamatan dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, selalu diperingati sebagai suatu peristiwa patriotik yang akan terus diingat dan dikenang di Pagimana.

Pada tanggal 12 Februari 1942, sekelompok pemuda asal Pagimana, bergerak ke kota Luwuk untuk merancang perebutan kekuasaan dari tangan pemerintah Hindia Belanda yang terdiri dari pribumi yang setia kepada Belanda maupun bangsa Belanda sendiri.

Festival Gelora Pagimana 2018
Festival Gelora Pagimana 2018 (ist)

Tepat pukul 10.00 pagi, tanggal 12 Februari 1942, kelompok pemuda Pagimana bersama-sama tokoh-tokoh masyarakat dari beberapa daerah lainnya di Luwuk dan sekitarnya, berhasil melucuti kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda di Luwuk. Menurunkan bendera merah putih biru milik Belanda, lalu menaikkan bendera merah putih sembari diiringi lagu Indonesia Raya.

Festival Gelora Pagimana 2018
Festival Gelora Pagimana 2018 (ist)

Sebagai salah satu upaya untuk lebih menggemakan peringatan akan peristiwa heroik ini, di tahun 2018, pemerintah daerah kabupaten Banggai akan menggelar Festival Gelora Pagimana 2018 yg diadakan pada tanggal 10-12 Februari 2018.

Festival Gelora Pagimana 2018
Festival Gelora Pagimana 2018 (ist)

Festival ini dibuka pada tanggal 10 Februari 2018 dengan tour sepeda dari Luwuk ke Pagimana yang akan singgah di beberapa destinasi yang dilewati seperti Air Terjun Salodik dan Padang Lenyek. Sesampainya di Pagimana, akan digelar Opening Ceremony di malam harinya.

Festival Gelora Pagimana 2018
Festival Gelora Pagimana 2018 (ist)

Akses jalan yang bagus sangat memudahkan berlangsungnya kegiatan ini, Pagimana dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan darat dari kota Luwuk (64 km), memungkinkan para pengunjung festival untuk tetap tinggal di kota Luwuk.

Berbagai pilihan tempat akomodasi tersedia di Luwuk dari hotel kelas melati sampai hotel berbintang tiga. Salah satu pilihan adalah Hotel Santika Luwuk yang menyediakan paket kamar yang dilengkapi transportasi, dari dan ke Pagimana setiap harinya selama festival berlangsung.

Festival Gelora Pagimana 2018
Festival Gelora Pagimana 2018 (ist)

Setelah malam pembukaan yang turut dimeriahkan oleh tarian kolosal 500 penari tradisional, pengunjung akan diantar kembali ke ke Luwuk dan menginap di hotel masing-masing.

Besok paginya pada hari kedua tanggal 11 Februari 2018, pengunjung akan langsung diantar ke Pagimana untuk berpartisipasi dan menyaksikan beberapa lomba yang dilaksanakan di sana.

Akan ada lomba berenang, lomba tarik tambang perahu, lomba perahu hias, lomba kupas kelapa, lomba kuliner tradisional, lomba sumpit (senjata tiup tradisional), lomba bentor hias, lomba senam Tobelo dan beberapa lomba lainnya.

Pengunjung juga dimanjakan dengan kegiatan lainnya seperti Makan Ikan Bakar Massal, fashion show tenun dan batik Nambo, tari-tarian tradisi, kunjungan ke desa Jaya Bakti (desa terpadat di dunia, kurang lebih 6.000 jiwa dalam satu desa berukuran 2 km persegi), pasar murah dan expo Pagimana.

Pada tanggal 12 Februari 2018, akan ditampilkan napak tilas pejuang Pagimana secara teatrikal dalam merebut kekuasaan dari pemerintah Hindia Belanda pada 12 Februari 1942.

Pemerintah daerah kabupaten Banggai menaruh perhatian besar terhadap peringatan peristiwa heroik ini dan berharap agenda ini dapat menjadi salah satu agenda wisata tahunan di kabupaten Banggai. Upaya ini tentunya mendapatkan dukungan dari semua pihak terkait, serta lintas sektoral, termasuk stake holder dunia pariwisata di kabupaten Banggai demi suksesnya pagelaran Festival Gelora Pagimana 2018 nantinya. (Ali)

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved