Astaga! Pulau di Sulawesi Ini Dijual di Situs Online

Entah sekadar iseng atau ada motif lain. Sungguh miris sebuah pulau di Sulawesi dijual untuk keperluan komersil.

Astaga! Pulau di Sulawesi Ini Dijual di Situs Online
intisasi.grid.id
Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah masuk dalam daftar pulau pribadi yang dijual di situs privateislandonline.com, situs yang dikelola perusahaan asal Ontario, Kanada Private Islands Inc. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Entah sekadar iseng atau ada motif lain. Sungguh miris sebuah pulau di Sulawesi dijual untuk keperluan komersil.

Praktik jual beli pulau-pulau kecil di Indonesia melalui online pernah terjadi pada tahun 2009.

Ada tiga pulau di Mentawai yang ditawarkan untuk dijual, Pulau Makaroni, Pulau Siloinak dan Pulau Kandui. 

Kini, praktik jual beli ini kembali marak. Pulau Tojo Una-una di Sulawesi ditawarkan di situs privateislandonline.com.

Iklan penjualan pulau Toko Una-una ini yang dipajang sejak Selasa (16/01/18) mencantumkan informasi bahwa Pulau Tojo Una-una memiliki luas sekitar 1.200 hektar dan dapat berjarak 10 menit dari pulau terdekat, Wakai.

Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah
Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah (intisasi.grid.id)

Pulau Tojo Una Una masih berstatus sewa dan harganya tidak dicantumkan. 

Pulau Tojo Una Una adalah pulau yang belum dikembangkan dan berpotensi besar karena memilki air yang jernih dan pemandangan bawah lautnya memukau sehingga cocok untuk lokasi menyelam. 

Dalam situs itu tertulis, “Pulau seluas 3000+ acre tersebut telah menjadi milik keluarga selama 120 tahun dan terpencil, namun dapat diakses sehingga cocok sebagai lokasi tujuan wisata. Pulau ini juga cocok untuk industri kayu jabon”. 

Menurut Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com sempat merasa kaget dan mengatakan tidak ada nama Pulau Tojo Una-una.

Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah
Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah (intisasi.grid.id)

“Yang di dalam foto di dalam situs privateislandonline.com itu namanya Pulau Tanjung Kramat di Kepulauan Togean yang berada di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una. Pulau itu dulu dikelola oleh Mr Luca, tapi sekarang sudah tidak lagi,” kata Gubernur Longki melalui pesan singkat, Rabu (17/1/2018).

Sementara itu, Wakil Bupati Tojo Una-una Admin AS Lasimpala yang berada di Palu mengatakan bahwa tidak ada jual beli pulau di Kabupaten Tojo Una-una.

Menurut dia, dulu ada sebuah pulau yang namanya Tanjung Kramat yang digunakan oleh orang asing untuk usaha pariwisata.

“Ketika dikasih izin, dia bikin cottage di situ, tapi sekarang sudah ditinggalkan. Jadi tidak benar itu ada pulau di wilayah Tojo Una-una dijual,” ujar Wabup Admin.

Inilah penampilan sekilas Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah. (*)

Artikel ini telah dimuat di Intisari.grid.id dengan judul 'Miris, Satu Pulau di Indonesia Dijual Lagi Lewat Online, Begini Penampakan Lokasinya'

Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved