Pemerintah Akan Impor Garam, Begini Kata Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai ada masalah pada teknis rencana impor garam industri oleh pemerintah.

Pemerintah Akan Impor Garam, Begini Kata Susi Pudjiastuti
Kompas.com/Markus Yuwono
Menteri KKP Susi Pudjiastuti 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai ada masalah pada teknis rencana impor garam industri oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merekomendasikan jumlah impor garam industri hanya 2,2 juta ton. Namun, dalam rakor yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution impor menggunakan data dari Kementerian Perindustrian sebesar 3,7 juta ton.

Susi menyatakan si satu sisi, industri memang membutuhkan garam dalam jumlah besar agar bisnisnya bisa jalan. Di sisi lain, petani garam dalam negeri akan terganggu jika garam impor nanti bocor keluar dari industri dan masuk ke pasar konsumsi.

"Nanti harga garam mahal, salah Menteri Susi. Harga garam murah karena garam impor, salah Menteri Susi. Industri tidak jalan, salah lagi Menteri Susi. That's a problem," kata Susi pada rapat kerja dengan Komisi IV di gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Susi menjelaskan, pemerintah melalui rapat koordinasi terbatas di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa hari lalu dengan kementerian terkait menyepakati akan impor garam industri 3,7 juta ton.

Hal itu belakangan dipersoalkan oleh Komisi IV, salah satunya karena keputusan impor garam tidak melalui rekomendasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Menteri Susi: Ada Masalah Teknis pada Rencana Pemerintah Impor Garam

Editor: Try Sutrisno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help