Tahukah Kamu Berapa Jumlah Pesawat yang 'Take Off' Dalam Sehari di Indonesia?

Jumlah tersebut belum termasuk 21 maskapai non schedjule atau tanpa jadwal. Seperti pesawat carter perintis dan pesawat cargo.

Tahukah Kamu Berapa Jumlah Pesawat yang 'Take Off' Dalam Sehari di Indonesia?
ARSIP GARUDA INDONESIA
Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Penasehat Indonesia National Air Carriers Association (INACA), M. Arif Wibowo mengatakan pergerakan penerbangan di Indonesia kini 1,2 juta dalam satu tahun.

"Itu berarti dalam sehari terjadi 3.500 ( pesawat) take off dan landing di Indonesia, khusus penerbangan domestik," ujarnya saat Forum Diskusi MarkPlus Center for Tourism & Hospitality di 88 Kasablanka, Jakarta Rabu (17/1/2018).

Jumlah tersebut belum termasuk 21 maskapai non schedjule atau tanpa jadwal. Seperti pesawat carter perintis dan pesawat cargo.

"Kalau yang untuk internasional 200.000 take off dan landing (setahun), jadi sehari bisa 500-600 pergerakan," terang mantan ketua INACA tersebut.

Sementara, jumlah pesawat yang kini beroperasi untuk penerbangan domestik Indonesia ada 1.000 pesawat. Jumlah tersebut berasal dari 11 maskapai terjadwal, 21 perintis dan carter, juga 2 maskapai kargo.

Menurutnya, jumlah itu sudah cukup ideal untuk mengakomodir target kedatangan wisatwan mancanegara, dan pergerakan wisatwan domestik 2018, bahkan 2019.

"Masih memiliki kapasitas akses yang baik untuk tahun 2019," ujarnya.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Berapa Jumlah Pesawat yang "Take Off" dalam Sehari di Indonesia?

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help